People Innovation Excellence

Belajar di Jepang selama kuliah di Jurusan Sastra Jepang BINUS University, Mau?

 

Program ini dibuat berkat kerjasama antara Binus University dengan sekolah bahasa Jepang Osaka Gaigo Gakuin. Tujuan dari kerjasama yang telah ditandatangani pada tanggal 5 Oktober 2011 di Jepang ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada para mahasiswa Binus jurusan sastra Jepang untuk dapat belajar Bahasa Jepang di negaranya. Selain mereka akan mempelajari bahasa, mereka juga akan diberi pengetahuan tentang budaya dan masyrakat Jepang, dengan mengajak langsung para mahasiswa untuk merasakan dan menyentuh langsung budaya tersebut di tempatnya, Misalnya, mereka akan diajak pergi melihat kuil dan bangunan bersejarah yang ada hunugannya denganpelajaran sejarah Jepang dan terbentuknya pemikiran masyarakat Jepang . Tahun ini medio Oktober hingga Oktober tahun depan selama setahun para peserta program akan menerima seluruh pelajaran di Osaka Gaigo Gakuin, dengan kurikulum Binus yang disesuaikan dengan kurikulum lokal. Adapun mahasiswa yang akan berangkat pada tanggal 12 Juli 2012 ada sebelas orang. Semuanya berasal dari semester 6.

Kamukah berikutnya?

 

 


Published at : Updated
Written By
Rosita N. Pujianto
Subject Content Coordinator, Japanese Department BINUS University
Leave Your Footprint
  1. wah.. enak nih…
    bisa sekalian belajar sama jalan-jalan ke jepang

  2. salam kenal.. aku widya sekarang aku kelas 1 smp , aku pingin banget kuliah jurusan sastra jepang dan dapat pergi ke jepang . dan dari sekarang aku mulai mencari artikel-artikel tentang universitas universitas yang memiliki beasiswa ke jepang….
    #tapi aku bingung di universitas apa ya?? dan dimana tempatnya???

    • Dear Widya,

      Mhn maaf baru membalas. Ada banyak universitas yang menyelenggarakan program studi Sastra Jepang. Baik univ negeri maupun swasta. Untuk swasta salah satu univ terbaiknya adalah Binus. Ditunggu ya. dan tetap semangat untuk belajar mengenai Jepang.

  3. Salam kenal, nama saya efendi, saya berdomisili di Kelapa Dua – Kebon Jeruk, Jakbar. Saat ini saya kelas 1 SMA dan baru mengenal bahasa Jepang, dan saat ini juga saya ikut Japan Club (semacam kursus bahasa Jepang). Saya sangat berkeinginan kuliah di sastra Jepang, Apakah hal ini memungkinkan ? \

    • Dear Efendi,

      Memungkinkanm sekali kalau kamu nanti sudah lulus SMA ya. Sambil menunggu sampai lulus, kami sarankan kamu bisa aktif mengikuti beberapa kegiatan kejepangan dan juga mulai belajar bahasa Jepang. Kiranya berkenan.

      Salam,

      Sastra Jepang Binus Univ.

    • Dear Efendi,

      Tentu saja memungkinkan setelah kamu lulus SMA silahkan mendaftar di Sastra Jepang Binus karena juga lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal kamu.

      Salam
      Sastra Jepang

  4. Salam kenal. Nama saya Dita. Sekarang saya kelas 1SMA. Bingung mau kuliah dimana. Tapi setelah dipikir-pikir mau ambil jurusan sastra Jepang. Awalnya sih karena suka nonton Anime. Tapi kalau untuk menulis hiragana/katagana belum bisa. Masih ada kemungkinan untuk masuk kan? Kalau dibolehin sama mama dari sekarang sih, sebenernya bisa aja belajar dikit-dikit πŸ˜€
    mohon bantuan nya yah kakak πŸ™‚

    • Halo Dita,

      Tentu saja masih ada kesempatan kamu untuk kuliah sastra jepang. sambil menunggu, silahkan ikut beberapa kegiatan ke jepangan dan bekali diri kamu sebaik mungkin

      Salam,
      Sastra Jepang

  5. Salam kenal, nama aku azka, aku suka dan tertarik sama jepang karna nggak video anime Jepang kakak aku, aku juga pgn tau semua tentang Jepang, tapi aku ga bisa bahasa jepang, aku pgn ikut kursus bahasa jepang tapi waktu nya ga ada, pgn juga bisa ke jepang, ok iya aku kelas 2 SMA sebenarnya aku pgn jadi dokter tapi ga bisa karna aku ipa yaudah , aku ambil jurusan sastra Jepang, awal nya ragu buat ngambil jurusan ini, tapi siapin dari sekarang aja, mudah-mudahan aja aku bisa, apa aku bisa apakah aku bisa kuliah di jurusan sastra Jepang? Mohon bantuannya ya.

    • Dear Azka,

      Terima kasih banyak untuk messagenya. Tentu saja kamu berpeluang untuk mempelajari bahasa Jepang dan juga kuliah bahasa Jepang. Kalau di Binus kami tidak hanya membekali kamu dengan skill bahasa Jepang namun juga pengetahuan mengenai Jepang sebagai sebuah studi secara keseluruhan. Ditunggu ya gabung ke Binus nya.

      Salam,
      Japanese dept,

  6. haii
    saya tertarik banget sama jurusan bahasa jepang, tapi saya bingung perbedaan bahasa sama sastra apa ? tolong di jawab yaaa

    • Dear Maulani,

      Saya sarankan kamu melihat distribusi mata kuliahnya saja yang ada di jurusan tersebut. Jadi tidak hanya melihat dari perbedaan istilah “bahasa” dan “sastra” sj. Biasanya tidak mungkin belajar bahasa tanpa mempelajari budaya, sebaliknya jika mempelajari budaya asing maka pasti akan mempelajari bahasanya juga.

      Kiranya berkenan. terima kasih banyak.

      Salam,

  7. Konbanwa,
    Watashi no namae wa muhammad reza desu..yoroshiku onegai shimasu.
    Saya kelas 2 SMA. saya sangat tertarik dengan sastra maupun bahasa jepang tetapi di daerah saya tidak ada tpt kursus maupun pelajarannya tetapi saya membeli kamus kanji, dan buku penunjangnya untuk belajar bahasa dan tata cara pengucapan..apakah di kurikulum 2013 ini mengubah ketentuan atau syarat untuk masuk fakultas atau universitas dan apakah mungkin saya bisa masuk? maaf jika ada kalimat yang salah..osewa ni narimashita.

    • Dear Muhammad Reza,

      terima kasih banyak untuk emailnya.
      Inisiatif kamu untuk mulai belajar secara mandiri melalui buku2 penunjang sudah cukup baik. Untuk belajar di Binus kami memulai pembelajaran dari 0 alias Nol. Dan untuk syarat masuk universitas hanya mengikuti tes potensi keberhasilan studi yang di Binus. Jika kamu lulus tes maka kamu bisa kuliah di Binus. Kiranya jawaban saya berkenan ya. Terima kasih banyak.

      Salam,
      Japanese Department Binus

  8. KONBANWA
    Oh iya biaya per semester,dll. Untuk jurusan ini berapa ya??
    Osewa ni narimashita.

  9. Salam kenal saya yanuar winzi dari smk theresiana saya belum tahu sama sekali tentang bahasa jepang . Jika saya masuk sastra jepang apa bisa ya

    • Dear Yanuar,

      Tentu bisa, karena pembelajaran bhs Jepang di Binus kami mulai dari dasar. Selain pembelajaran di kelas kamu juga bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan seperti berinteraksi langsung dengan pengajar native, mencoba menggunakan bahasa Jepang di berbagai klub dan kegiatan internasionalisasi (cultural exchange, homestay, short course, student exchange, study aborad) yang ada di Binus.

      Salam,
      Elisa

  10. Assalamualaikum
    nama saya melly, saya duduk di kelas 3 smk , saya tertarik untuk kuliah di sastra jepang tapi saya sedikit bimbang. apakah setelah saya lulus akan mudah mendapatkan pekerjaan ? mohon jawabannya πŸ™‚

    • Dear Melly,

      Saat ini banyak sekali tawaran pekerjaan yang datang ke kakak kelas kamu di Binus. Mereka bekerja di area2 yang tidak dibatasi bidang pekerjaannya karena menguasai bahasa dan memahami budaya Jepang. kesempatan kerja sekarang bahkan langsung untuk kerja di Jepang langsung. Jika kamu bergabung di Binus, kamu juga bisa ikut program magang yang bisa diikuti selama masih menjadi mhsw aktif binus sehingga ketika lulus kamu sudah memiliki pengalaman. Magang dilakukan di Indonesia dan Jepang.

  11. kalo untuk sastra jepang di binus ada kelas karyawan kah ?

    • Dear Putri,

      Mhn maaf untuk saat ini kami belum ada kelas karyawan.

      Terima kasih banyak.

      Salam,

  12. konnichiwa
    berapa banyak kuota penerimaan mahasiswa untuk kelas sastra jepang?
    osewa ni narimasu

  13. Konichiwa, sy sudah lulus sma dan sekarang sedang mencari universitas negeri maupun swasta jurusan sastra jepang, sy baru tau ada binus university mungkin ini karena sy yang kurang mencari, dan baru tahun ini sy mengetahuinya, kalau boleh tau binus university ini terletak dimana ?, adakah syarat tertentu agar bisa masuk ?, apa ada diadakan tes online untuk siwa/siswi diluar kota ? .. Mohon info lebih jelasnya .. Arigatou gozaimasu

  14. Ohayou gozaimasu.
    Watashi wa Hayanti desu.
    Saya mau tanya, berapa kuota mahasiswa yang diterima di Sastra dan Bahasa jepang di Binus?
    Arigatou gozaimasu

    • Selamat Siang Bu Hayanti.

      Saat ini kami tidak memberikan kuota tertentu, selama pendaftaran masih dibuka silahkan Ibu mendaftar ke tempat kami. Untuk pendaftaran silahkan Ibu bisa datang langsung ke Kampus Anggrek atau Mendaftar online melalui https://payment.binus.edu/

      Regards

  15. Saya Putri kak, saya kelas 3 SMA. saya ingin sekali masuk jurusan sastra Jepang. tapi di sekolah saya tidak ada pelajaran bahasa jepang. saya ragu untuk memilih jerusan tersebut , karane saya takut tidak bisa mengikuti. tolong solusinya kak. Terimakasih.

    • Halo Putri, untuk masalah yang kamu utarakan kamu tidak perlu khawatir. Karena Sastra Jepang Binus tidak mengharuskan untuk kamu bisa bahasa Jepang terlebih dahulu. Kamu nanti akan mendapatkan pelajaran Jepang dari dasar sejak semester pertama. Jadi tidak perlu khawatir kalau kamu belum pernah belajar bahasa Jepang.

  16. Hii..saya lg bingung mau kuliah sastra jepang tpi umur udh 24th nnti klo udh lulus dg umur segitu msh byk peluang buat kerja sesuai dg skil sastra jepang gk..arigatou

    • Kami rasa tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Untuk masalah pekerjaan kami juga ada program internship yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan. Jika memang pekerjaan kamu bagus, tidak menutup kemungkinan kamu akan direkrut setelah lulus nanti.

  17. Selamat pagi..
    Saya Rika, selama SMA saya udah belajar bahasa jepang. Saya ingin kuliah sastra jepang. Tapi bingung di Universitas mana?

    • Halo Rika, untuk sastra Jepang ada beberapa pilihan. Kamu bisa sesuaikan dengan program yang ditawarkan di universitas masing-masing dan pilih yang kamu rasa cocok. Salah satu yang menawarkan program sastra Jepang ada di Universitas kami di Binus University.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close