People Innovation Excellence

Profiling Kemampuan Bahasa Jepang (Noryokushiken/NOKEN) N2, N3, N4 & N5 untuk Seluruh Mahasiswa Sastra Jepang Binus University

Pada Hari Sabtu yang lalu, tanggal 4 Mei 2013, kurang lebih 217 mahasiswa Sastra Jepang Binus University melaksanakan Profiling Kemampuan Bahasa Jepang (Noryokushiken/NOKEN) N2, N3, N4 & N5. Profiling ini bertujuan untuk mengukur kemampuan masing-masing mahasiswa atas keberhasilan belajar bahasa Jepang. Level yang dimulai dari yang paling bawah yakni N5 wajib diikuti oleh mahasiswa semester 2. Tidak menutup kemungkinan Semester 2 dapat ambil level yang lebih tinggi apabila pernah mengikuti ujian ini di Tingkat Internasional yang biasanya diselenggarakan oleh The Japan Foundation setiap Juli dan Desember setiap tahunnya. Seperti tahun ini, ada peserta dari Sem 2 yang mengambil N3 bahkan N2.

3

Ujian ini adalah “gengsi” para pemelajar Bahasa Jepang di seluruh dunia. Kemampuan pada level tertentu diyakini menjadi “value added” lulusan pada port folio individu mahasiswa yang dapat dipakai di dunia kerja, melanjutkan studi lanjut dan syarat beasiswa ke Jepang.

Di Sastra Jepang Binus University, event ini bersifat wajib. Tujuannya adalah mengukur kemampuan secara kontinu dan simultan mahasiswa. Kontinu, karena mahasiswa dapat langsung mendeteksi kemampuan bahasa yang terdiri dari (language knowledge: Moji, Goi, Bunpou dan Dokkai dan Listening/choukai) per tahun. Dan Simultan karena pendeteksian ini menjadi terintegrasi penuh dengan sistem belajar dan kurikulum. Event ini juga dimaksudkan mempersiapkan mahasiswa Binus University mengikuti ujian kemampuan bahasa Jepang internasional yang umum disebut Noryokushiken yang sebenarnya.

2

Ujian dilaksanakan dengan menggunakan komputerisasi. Pelaksanaan perdana tahun ini memiliki sejumlah lesson learned di antaranya, masih banyak mahasiswa yang tidak datang, dan beberapa masalah teknis seperti soal, absen dan masalah audio. Di tahun depan panitia jurusan dan sofware akan terus memperbaiki pelaksanaan dengan lebih baik.

Terima kasih tak terhingga untuk para dosen pengawas jurusan Sastra Jepang Binus University, Bapak Indra dan Bapak Surya dan segenap staf SLC Binus University.

Sita N.P


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close