People Innovation Excellence

Belajar buat Sushi di Sushi Tei

IMG-20130611-00930

Mahasiswa Binus University, semester ini kebagian moment-moment indah lho. Terutama untuk mereka di semester 4 yang mendapat mata kuliah Bunka Taiken. Mata kuliah ini mengeksplore budaya Jepang langsung dari pakar-pakarnya. Keren kan. Bayangkan kalau kita kuliah selama 13 kali pertemuan, dan setiap pertemuannya itu berbeda-beda materi dan pembicara…wow! pengalamannya 13 kali dong yah. Pengalaman membuat origami, washi ningyou, oshibana, shodo, furoshiki, pakai yukata, chanoyu * sampai dengan membuat sushi langsung praktek. Wah, setidaknya budaya-budaya ini bisa langsung kita rasakan tanpa harus ke Jepang kan 🙂

Tanggal 4 dan 11 Juni ini, 2 kelas melakukan kunjungan dan praktek ke Resto Sushi Tei di outlet Central Park. Kunjungan ini diadakan per kelas dengan max kunjungan 30 mahasiswa dengan 2 dosen pembimbing.

Di Sushi Tei, sebelum praktek buat sushi, mahasiswa diberikan pengenalan SOP (standard operating procedure) dari cara berpakaian, pemberian label senin-minggu untuk menandai seragam yang dipakai waiter dan chefnya. Jadi, kalau pada pengecekan ada waiter yang bekerja di hari selasa, tapi pakai seragam hari senin, ketahuan deh kalau dia belum ganti baju :). Seluruh waiter dan chef tidak boleh memelihara kuku dan memiliki poni yang menjuntai. Tahukah minnasan, kalau sepatu chef di Sushi Tei memiliki plat besi di depan sepatunya? itu gunanya adalah untuk melindungi kaki chef apabila ada pisau yang jatuh, kakinya tidak akan terluka.

IMG-20130611-00885

IMG-20130611-00887

Selain SOP  dan etos kerja, Sushi Tei juga membuka rahasia kesegaran ikan-ikan yang mereka pakai untuk sushi dan sashimi nya. Mereka hanya mengunakan a ikan salmon terbaik dari Norwegia. Mahasiswa Binus diajari tips bagaimana menandai Ikan Salmon yang layak dikonsumsi pada saat mentah bahkan mengukur suhu seharusnya pada ikan segar.

IMG-20130611-00880

Tiba saat chef-chef Sushi Tei mengajarkan bagaimana membuat sushi. Semua jenis sushi didemokan namun hanya 2 jenis sushi yang diajarkan, yakni hand roll sushi (temaki zushi) dan uramaki sushi. Temaki zushi adalah sushi dengan bentuk mirip cone ice cream/kerucut. Sedangkan uramaki sushi adalah sushi yang digulung, namun bagian nasinya ada di luar.

IMG-20130611-00895

IMG-20130611-00904

IMG-20130611-00922

 

IMG-20130611-00925

Pada akhir acara, chef memberikan apresiasi untuk pembuat sushi yang paling baik bentuknya, foto-foto dan pembagian sertifikat.

IMG-20130611-00927

 

Terima kasih Sushi Tei Resto atas waktu dan ilmunya.

 

Sita N. Pujianto

 

*Origami, washi ningyou, oshibana, shodo, furoshiki, pakai yukata, chanoyu akan dijelaskan pada posting-posting selanjutnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close