EFEKTIFITAS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA PEMELAJAR TINGKAT DASAR

Makalah masuk dalam Jurnal LINGUA CULTURA vol.6 no.1 Mei 2012

EFEKTIFITAS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN

KOSAKATA BAHASA JEPANG

PADA PEMELAJAR TINGKAT DASAR


Rosita Ningrum

Japanese Department,Faculty of Letter, Bina Nusantara University

Jln. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kemanggisan, Jakarta Barat 11480

ningrum@binus.edu

 ABSTRAK

 Penelitian ini berjudul「初級学習者における日本語の語彙学習においてのマインド・マッピングの効果」yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “Efektifitas Mind Mapping dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Pada Pemelajar Tingkat Dasar”. Pada penelitian-penelitian terdahulu, teknik mind mapping banyak diujikan pada keterampilan membaca. Untuk penelitian ini, difokuskan pada kosakata sebagai asumsi peneliti melihat kendala pembelajar bahasa asing yang sama sekali baru dalam mempelajari bahasa keduanya. Teknik mind mapping ini diujicobakan pada mahasiswa semester dua dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas teknik mind mapping dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimental dengan teknik mind mapping (kelompok eksperimen) dan kelompok lainnya (kelompok kontrol) dengan teknik pembelajaran biasa. Data diambil dengan dua cara yakni kuantitatif dengan membuat instrumen berupa pre test dan post test pada kedua sampel kelas serta data kualitatif berupa wawancara untuk melengkapi hasil analisis data secara deskriptif. Selanjutnya, seluruh hasil data pre test dan post test dianalisis dengan mengukur normalitas data dan uji-t untuk mengetahui sejauh mana efektifitas teknik mind mapping berhasil diterapkan kepada sampel.  Untuk menguatkan hasil tersebut, hasil wawancara ditranskripsi untuk melihat tanggapan atau respon dari sampel tentang teknik mind mapping pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Hasil analisis data tes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diharapkan diperoleh hasil bahwa teknik mind mapping terbukti lebih efektif dipakai dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang dibandingkan dengan cara konvensional yang biasa dipakai.

 Kata kunci: Mind Map, kosakata, Bahasa Jepang