JENESYS 2015 Experience (Feny)

jenesys1

 

Pada tanggal 13 Januari – 20 Januari 2015, saya mengikuti program Jenesys 2.0 yang diselenggarakan oleh pihak JICE ( Japan International Cooperation Center ). Program ini diikuti oleh 100 orang dari Universitas di seluruh Indonesia. Dan dari 100 orang itu dibagi 4 kelompok yang akan pergi ke tempat yang berbeda. Saya masuk ke grup B yang akan pergi ke Tokyo – Shizuoka – Tokyo.

Perjalanan kami dimulai dari mengunjungi Kantor Pemda Metropolitan Tokyo. Lalu hari kedua kami mengunjung Kuil Buddha Sensouji. Hari ketiga kami berpindah tempat dari Tokyo ke Shizuoka dengan Shinkansen untuk mengunjungi Universitas Shizuoka. Di Universitas Shizuoka, kami berinteraksi dengan mahasiswa di sana berbagi pengalaman dan pertunjukan. Keesokan harinya kami  pergi ke kantor Pemda Hamamatsu dan mengunjungi Museum Sejarah Suzuki di Hamamatsu. Setelah itu kami mengunjungi Kuil Ryutanji. Terakhir kami bertemu dengan keluarga Homestay.

Homestay berlangsung selama 3 hari 2 malam. Selama homestay, saya merasa keluarga homestay saya menyambut saya dengan hangat. Kami berbagi cerita, canda tawa, hingga tidak terasa bahwa kami berasal dari negara yang berbeda. Hari terakhir ada pesta perpisahan dimana kami memberikan pertunjukan kepada keluarga homestay sebagai tanda terima kasih. Perpisahan kami diselimuti rasa haru.

Setelah homestay kami berdiskusi dengan kelompok tentang apa saja penemuan kami di Jepang. Dan hasil diskusi hari itu akan dipresentasikan esok harinya di depan Duta Besar Indonesia di Jepang dan pihak Jepang lainnya. Pengalaman ini sangat berharga karena membuka mata saya terhadap pandangan-pandangan miring saya tentang Jepang. Dan saya merasa program ini mempererat persaudaraan antara Indonesia dan Jepang. Dan saya akan mengembangkan bahasa Jepang saya agar bisa berguna untuk mempererat hubungan kedua negara.

  1. Halo kak, aku Avi. Aku berminat ikutan program yang kayak gini. Bisa berbagi pengalaman dari mulai seleksi nya nggak? Cara daftar nya gimana? Dan apa aja ug dibutuhkan? Makasih^^

    • Dear Avi,, Program ini khusus untuk mhsw yang belajar bahasa Jepang di tingkat universitas, Jika kamu nanti melanjutkan kuliah di Jurusan Jepang tentu saja bisa mengikuti berbagai kesempatan ke Jepang baik yang disponsori oleh pemerintah, industri maupun karena kerjasama antara Binus dengan institusi ybs dengan skema beasiswa. Salam,