People Innovation Excellence

Upacara Pembukaan Program Ishikawa Japanese Studies Program

Bagi para mahasiswa yang masuk ke program studi Japanese Studies atau lebih dikenal sebagai Sastra Jepang di Indonesia, bisa berkesempatan untuk belajar langsung di Jepang merupakan sebuah kesempaan yang ingin mereka dapatkan. Menurut data yang didapatkan dari The Japan Foundation pada tahun 2012, pelajar asal Indonesia menempati urutan ke-2 dari pelajar asing yang langsung belajar bahasa Jepang di negeri Matahari tersebut.

Ishikawa Japanese Studies Program merupakan salah satu program yang digagas oleh pemerintah daerah Ishikawa, di mana para mahasiswa akan belajar bahasa dan budaya Jepang di kota Kanazawa prefektur Ishikawa. Tahun ini menjadi pertama kalinya mahasiswa asal Indonesia yang turut serta mengikuti program ini. Beruntung 6 mahasiswa Bina Nusantara dapat ikut serta sebagai peserta pertama asal Indonesia di program tersebut.

Mereka adalah Orlando, Billy Yoel, Ivan Senjaya, Rivandi Aldi, Kindida, Putrizka Bellita. Pada tanggal 10 Maret 2015 telah diadakan acara pembukaan dari program tersebut. Meskipun para mahasiswa kita mengikuti program bahasa Jepang tingkat awal, namun Managing Director dari program ini Shuji Tanishi terkesan dengan kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki oleh para mahasiswa Bina Nusantara. Menurut Shuji san meskipun dia berbicara dengan kecepatan biasa para mahasiswa dapat memahami apa yang dia katakan.

10754fd127a98d53_m

Dari hasil bincang-bincang Shuji san dengan para mahasiswa Indonesia, Shuji san yang berusia 62 tahun teringat akan satu lagu yang pernah dibelinya dulu. Lagu tersebut dalam bahasa Jepang berjudul 「可愛いあの娘」(Baca: Kawaii ano Musume). Lagu tersebut dinyanyikan dalam bahasa Jepang namun ada satu bagian yang terasa asing baginya. Kirik tersebut berbunyi 「ノーナマニサバ ヤンプーニャン ラササーヤ サーヤゲン」 (Baca : No0na manisaba yampunyang rasasaaya saayangu).

Ternyata lagu tersebut merupakan lagu asal Indonesia berjudul rasa sayang-sayange. Lirik yang diingat oleh Shuji san berbunyi “Nona manis siapa yang punya rasa sayang-sayange” dan dinyanyikan oleh penyanyi Jepang dengan aksen Jepang.

Berikut adalah foto-foto kegiatan upacara pembukaan tersebut:

84654fd12a3c01ff_m20754fd12b60b798_m19154fd12ca40f28_m15554fd12e006578_m14054fd12f1d5230_m


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close