Upacara Pembukaan Program Ishikawa Japanese Studies Program

Bagi para mahasiswa yang masuk ke program studi Japanese Studies atau lebih dikenal sebagai Sastra Jepang di Indonesia, bisa berkesempatan untuk belajar langsung di Jepang merupakan sebuah kesempaan yang ingin mereka dapatkan. Menurut data yang didapatkan dari The Japan Foundation pada tahun 2012, pelajar asal Indonesia menempati urutan ke-2 dari pelajar asing yang langsung belajar bahasa Jepang di negeri Matahari tersebut.

Ishikawa Japanese Studies Program merupakan salah satu program yang digagas oleh pemerintah daerah Ishikawa, di mana para mahasiswa akan belajar bahasa dan budaya Jepang di kota Kanazawa prefektur Ishikawa. Tahun ini menjadi pertama kalinya mahasiswa asal Indonesia yang turut serta mengikuti program ini. Beruntung 6 mahasiswa Bina Nusantara dapat ikut serta sebagai peserta pertama asal Indonesia di program tersebut.

Mereka adalah Orlando, Billy Yoel, Ivan Senjaya, Rivandi Aldi, Kindida, Putrizka Bellita. Pada tanggal 10 Maret 2015 telah diadakan acara pembukaan dari program tersebut. Meskipun para mahasiswa kita mengikuti program bahasa Jepang tingkat awal, namun Managing Director dari program ini Shuji Tanishi terkesan dengan kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki oleh para mahasiswa Bina Nusantara. Menurut Shuji san meskipun dia berbicara dengan kecepatan biasa para mahasiswa dapat memahami apa yang dia katakan.

10754fd127a98d53_m

Dari hasil bincang-bincang Shuji san dengan para mahasiswa Indonesia, Shuji san yang berusia 62 tahun teringat akan satu lagu yang pernah dibelinya dulu. Lagu tersebut dalam bahasa Jepang berjudul 「可愛いあの娘」(Baca: Kawaii ano Musume). Lagu tersebut dinyanyikan dalam bahasa Jepang namun ada satu bagian yang terasa asing baginya. Kirik tersebut berbunyi 「ノーナマニサバ ヤンプーニャン ラササーヤ サーヤゲン」 (Baca : No0na manisaba yampunyang rasasaaya saayangu).

Ternyata lagu tersebut merupakan lagu asal Indonesia berjudul rasa sayang-sayange. Lirik yang diingat oleh Shuji san berbunyi “Nona manis siapa yang punya rasa sayang-sayange” dan dinyanyikan oleh penyanyi Jepang dengan aksen Jepang.

Berikut adalah foto-foto kegiatan upacara pembukaan tersebut:

84654fd12a3c01ff_m20754fd12b60b798_m19154fd12ca40f28_m15554fd12e006578_m14054fd12f1d5230_m