People Innovation Excellence

Share Artikel : “Something Dreadful Happened in the Past”: War Stories for Children in Japanese Popular Culture

Dear Binusian Japanese Departement, hari ini kita akan share tentang satu artikel menarik yang bisa kalian baca. Bagi kalian yang tertarik tentang Sejarah dan Budaya Populer ini merupakan salah satu artikel yang kalian wajib baca. Siapa tahu ini bisa jadi inspirasi kalian dalam membuat skripsi.

Artikel tersebut dapat kalian temukan di sini.

Dalam artikel ini Akiko Hashimoto seorang sosiolog asal Jepang menulis tentang kesulitan untuk mengajarkan sejarah Jepang kepada generasi muda. Hal ini dikarenakan karena sejarah bangsa Jepang di mana mereka mengalami kekalahan di perang dunia II, selain itu intervensi dari pemerintah menyebabkan kesulitan bagi para akademisi untuk menyampaikan kebenaran terhadap apa yang sebenarnya terjadi di perang dunia ke II terhadap generasi muda.

Tapi hal ini berbeda dengan media populer, dalam artikel ini terutama dibahas mengenai Manga. Akiko Hashimoto menunjukkan bagaimana media populer seperti manga, menjadi salah satu media penyampaian sebuah memori kelam bangsa Jepang ke generasi berikutnya. Tidak hanya pada komik sejarah yang bercerita tentang kebenaran sejarah secara langsung, tapi juga melalui cerita seperti Doraemon sekalipun.

Silahkan kalian dapat membaca artikel ini. Semoga berguna untuk pembelajaran kalian.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close