People Innovation Excellence

ANALISIS PERSPEKTIF KONSUMERISME DALAM ANIME SEN TO CHIHIRO NO KAMIKAKUSHI KARYA HAYAO MIYAZAKI

ABSTRAK

Budaya popular Jepang dikenal dan diminati di berbagai negara lainnya. Animasi Jepang termasuk produk yang cukup diminati olah banyak usia maupun jenis kelamin di berbagai negara. Banyak orang dapat melihat budaya Jepang melalui karya sastra grafis ini, selain itu juga dapat belajar mengenai budaya maupun bahasa Jepang. Tetapi beberapa orang tidak menyadari pesan-pesan yang tersirat di dalam cerita animasi tersebut. Sebagai animator memiliki maksud dan tujuan untuk menciptakan karya yang di dalam ceritanya terdapat gagasan visi dan misinya. Kebanyakan pemirsa melihat animasi Jepang hanya sebagai sarana hiburan dan pembelajaran bahasa Jepang, tetapi ada beberapa karya animasi yang memberi gambaran, kritik sosial, fantasi, dan sebagainya yang mungkin tidak bisa dipahami sepenuhnya. Studio Ghibli telah mencoba membuka wawasan baru dalam dunia animasi Jepang, yakni dengan memasukkan unsur-unsur, simbol, ikon, dan sebagainya ke dalam animasi, sehingga pemirsa bisa menyadari maksud dan tujuan dari animasi tersebut. Salah satu karya Studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki berjudul Sen to Chihiro no Kamikakushi (千と千尋の神隠し) ini akan dibahas dalam penelitian ini mengenai konsumerisme kapitalis yang tersirat di dalamnya. Metode penelitian yang akan dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan deskriptif analistis. Dari hasil penelitian ini akann memberi wawasan baru dalam apresiasi animasi dan memahami konteks yang tersirat di dalam cerita tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini masyarakat yang kurang memahami politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya yang sulit dipahami, dalam karya Studio Ghibli tersebut dapat kita pahami melalui media massa dalam bentuk budaya popular yang diminati dan kita bisa mengambil sikap dalam kenyataan terjadi.

Kata Kunci : animasi Jepang, kapitalis konsumerisme, pesan yang tersirat

Skripsi yang dibuat oleh Queen Nobelia, 1501154453.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close