People Innovation Excellence

Hokuriku Winter Contest 2016

Pada tanggal 22 Desember 2015 lalu telah diadakan perlombaan yang diadakan setahun sekali oleh Hokuriku University. Perlombaan tersebut dinamakan “Nihongo Contest” (北陸大学留学生別科 日本語コンテスト). Perlombaan ini terdiri dari 2 perlombaan sesuai kelasnya, yaitu lomba pidato dan lomba presentasi. Perlombaan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa asing yang sedang menempuh ilmu bahasa Jepang di Hokuriku University. Pada pagi hari, diadakan seleksi oleh para Sensei secara per kelas. Para peserta yang lulus seleksi terdiri dari 2 mahasiswa dari Indonesia, yaitu Ardi Harianto dan Josias Stephen Mulyono. Dan selebihnya adalah mahasiswa dari China. Para peserta masing-masing mewakili kelasnya untuk lomba pada siang harinya.

Singkat kata, Ardi menampilkan pidato yang berjudul “Yasumi no Yotei”, atau “Rencana Liburan”, sedangkan Josias menampilkan presentasi dengan topik “Wabi Sabi”, atau “Konsep Jepang yang Melihat Keindahan Dalam Suatu Ketidaksempurnaan”. Dan, Ardi dan Josias pun berhasil mewakili kelasnya meraih peringkat tiga besar.

Dikarenakan pada tanggal tersebut merupakan hari terakhir perkuliahan sebelum memasuki liburan musim dingin, maka pada malam harinya pun diadakan pesta bersama. Dalam pesta tersebut terdiri dari serangkaian acara menarik, seperti games, band, nyanyian, dance, dan door prize. Dalam acara tersebut Josias bersama partner kelasnya sebagai MC. Kemudian, kelas Josias menampilkan dance berjudul “Koisuru Fortune Cookie”. Dan, Ardi menampilkan nyanyian solo dengan lagu berjudul “Shizen ga Motarasu Shiawase”. Menurut Ardi dan Josias, ini merupakan pengalaman yang menarik, unik, dan berharga, karena dapat mewakili nama Indonesia dan juga Binus University di ajang perlombaan ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close