People Innovation Excellence

Study Abroad : Felicia Natasha di IJSP

Pada tanggal 29 November 2015 sampai tanggal 27 Desember 2015, saya mengikuti program IJSP dimana saya mengikuti kegiatan homestay di Jepang selama satu bulan. Saat tiba di Jepang, hal pertama yang dapat saya katakan adalah: cuacanya sangat dingin. Saat itu saya menginap 1 malam di hotel di Asakusa, Tokyo. Pada hari pertama dan kedua berada di Jepang, pengalamannya tidak begitu menyenangkan. Dan saat itu juga saya tidak dapat pergi kemana-mana karena hari sudah malam. Setelah itu pada tanggal 28 malam saya berangkat dari Stasiun Shinjuku menuju Kanazawa, Ishikawa dengan menggunakan bis malam. Setelah sampai di Kanazawa, Saya sangat kaget karena stasiun Kanazawa sangat indah dan bagus. Di stasiun Kanazawa ini terdapat banyak toko-toko seperti toko  baju dan aksesoris, restoran, toko kue, toko oleh-oleh dan juga convenience store.  Kemudian, stasiun tersebut juga dekat dengan tempat saya belajar bahasa Jepang, yaitu di Ishikawa Learning Center. Guru-guru yang mengajar bahasa Jepang juga baik dan selama mengajar juga menarik sehingga saya tidak merasa bosan. Lalu keluarga homestay saya juga baik. Mereka mengerti bahwa bahasa Jepang saya masih kurang dan ikut membantu saya dalam percakapan dengan bahasa Jepang. Selain itu, ibu homestay saya juga sering membuat banyak makanan yang enak dan sehat, dan mengajarkan saya cara memasaknya juga. Saya juga sangat senang tinggal di rumah itu karena keluarga homestay saya memelihara dua anjing, jadi meskipun keluarga homestay saya hanya terdiri dari ayah dan ibunya saja, tidak terasa sepi. Daerah perumahannya juga sangat tenang dan tidak ada kemacetan. Meskipun tempatnya jauh dari tempat belajar, tetapi saya dapat pengalaman untuk naik kereta seperti di dalam drama Jepang. Kemudian, selama saya di Kanazawa, saya dan teman-teman saya juga mengunjungi museum, kuil dan pusat perbelanjaan di Kanazawa yang dekat dari stasiun. Tetapi saya tidak dapat membeli banyak oleh-oleh saat itu. Selain itu dalam program ini juga ada kunjungan ke Taman Kenroku dan perjalanan selama 2 hari 1 malam ke Noto. Pemandangan di Noto sangat bagus dan kegiatannya juga menarik karena tidak hanya anak Binus saja yang pergi tetapi ada kelompok dari Universitas Nasional Australia juga. Kegiatan di Noto ini sangat menyenangkan karena saya bisa mengunjungi musium, akuarium Noto, pasar pagi Wajima dan lainnya. Selain itu saya juga berkesempatan mencoba masuk pemandian air panas di Jepang. Cuaca di Kanazawa sangat dingin sehingga saat itu adalah waktu yang pas untuk masuk onsen. Kemudian saya mendapat pengalaman berharga di Jepang saat itu karena saya merayakan ulang tahun saya dan natal bersama keluarga homestay di Jepang. Banyak pengalaman yang saya dapat selama satu bulan ini di Jepang, dan saya merasa satu bulan ini sangat cepat berlalu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close