People Innovation Excellence

Do you Know? : Needs Vs Law, reality of refugee in Japan

Sebagai negara dengan GDP yang tinggi di dunia, seringkali Jepang menjadi negara impian untuk mencari pekerjaan. Bagaimana tidak, dengan GDP yang tinggi pernghasilan rata-rata bagi seorang yang bekerja di Jepang lebih tinggi daripada beberapa negara, terutama bagi masyarakat negara berkembang. Faktor ekonomi menjadi penarik bagi orang asing untuk ikut mencari peruntungan di Jepang.

Ditambah dengan struktur penduduk di Jepang, dimana angkatan kerja lebih sedikit dibandingkan dengan orang berumur di atas 65 tahun keatas. Hal ini tentu membahayakan sistem kesehatan di Jepang, ketika satu orang pekerja harus menanggung biaya kesehatan bagi lebih dari dua orang tua.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh para ahli yaitu dengan mendatangkan pekerja asing ke Jepang. Namun Jepang sendiri belum sepenuhnya setuju dengan cara ini. Seperti dikutip di pidato perdana menteri Shinzo Abe ke PBB, salah satu cara yang lebih disukai Jepang adalah dengan memperbanyak angkatan kerja wanita dan lansia.

Namun dengan makin dekatnya perhelatan olimpiade 2020 di Tokyo, dan banyaknya pekerjaan infrastruktur yang harus disiapkan Jepang maka makin banyak jumlah pekerja yang dibutuhkan Jepang darimana Jepang mendapatkan pekerja untuk mengerjakan semua pekerjaan tersebut?

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan para imigran. Mazlum Balibay, adalah seorang warga negara Turki dari suku Kurdi yang melarikan diri dari ke Jepang delapan tahun yang lalu, setelah keluarganya dibunuh.

Balibay telah mengajukan permintaan untuk mendapatkan kewarganegaraan Jepang, namun sampai sekarang dia belum mendapatkan status kewarganegaraan tersebut. Namun Balibay tetap dapat bekerja, di proyek-proyek yang diadakan oleh pemerintah Jepang. Salah satunya adalah pengerjaan jalan-jalan di Jepan

Ini merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi Jepang di masa modern ini.

Sumber : Japantoday.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close