People Innovation Excellence

COMMUNITY DEVELOPMENT SASJEP – MCF 13

Hari/Tanggal   :  Sabtu/14 Mei 2016

Waktu              :  11:00 WIB – selesai

Tempat            :  Blok M Square

Acara               :  Wawancara orang Jepang tentang Gaya Hidup Sehat.

Pada kesempatan yang hanya datang sekali dalam setahun ini, tiba saatnya bagi kami untuk melakukan wawancara kepada orang-orang Jepang di festival Ennichisai. Hanya di acara ini saja, orang-orang Jepang bisa ditemui. Biasanya untuk bisa bertemu dengan orang-orang Jepang di hari biasa, kami harus membuat janji terlebih dahulu. Tidak mudah untuk membuat janji dengan mereka karena mereka tidak mengenali kami. Oleh karena itu, melalui acara ini, kami bisa melakukan wawancara dengan orang Jepang seputar gaya hidup sehat.

Seorang Reporter dari TV Jepang yang sengaja datang ke Indonesia untuk meliput festival Ennichisai telah selesai kami wawancara
Seorang Reporter dari TV Jepang yang sengaja datang ke Indonesia untuk meliput festival Ennichisai telah selesai kami wawancara

Orang-orang Jepang sudah terbiasa untuk melakukan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itulah di Jepang selain bersih lingkungannya, banyak terdapat makanan-makanan yang tidak hanya bersih, tetapi juga sehat dan bergizi. Hanya saja ada satu hal yang membuat kami penasaran, yaitu bagaimana mereka melakukan gaya hidup sehat ketika tinggal di Jakarta yang lingkungan dan orang-orangnya tidak begitu memperhatikan aturan-aturan kebersihan dan kesehatan Karena gaya hidup sehat merupakan salah satu cara bagi kita untuk dapat terhindar dari kelainan Auto-immune.

Orang Jepang yang sedang berjualan “Jamu” tengah asik berbincang-bincang dengan kami
Ahli Gizi yang bekerja di Japan Foundation, Machi Hasegawa yang sedang berjualan “Jamu” tengah asik berbincang-bincang dengan kami

Di festival ini, Kindi mengenakan cosplay menjadi karakter “OdaP-chan” yang merupakan karakter dari MCF supaya dapat menarik perhatian pengunjung yang hadir. Ada empat orang Jepang yang berhasil kami wawancara, dua di antaranya adalah seorang Ahli Gizi dan ketua organisasi kebersihan “Osoji Club”. Hasil dari wawancara tersebut dapat kami tarik kesimpulan bahwa untuk bisa terus mempertahankan gaya hidup sehat adalah dengan berolahraga setiap hari, menjalani hidup dengan berpikiran positif, dan lebih banyak makan sayuran. Jika hal tersebut dilakukan, maka kita pun bisa menjalankan gaya hidup yang sehat. Kami merekam hasil wawancara tersebut dengan membuatnya menjadi video.

Ahli Gizi yang bekerja di Japan Foundation, Machi Hasegawa
Ahli Gizi yang bekerja di Japan Foundation, Machi Hasegawa

 

Bersama Ketua Organisasi Osoji Club
Bersama Ketua Organisasi Osoji Club

Seputar tentang Ennichisai

Ennichisai adalah sebuah acara festival yang diadakan setiap tahun di daerah Blok M Square dengan tujuan untuk mengumpulkan dan menyatukan orang-orang Jepang yang tinggal di Indonesia. Festival Jepang yang diadakan dalam dua hari ini mampu menyulap area sekitar Blok M menjadi tempat yang sering disebut sebagai Little Japan. Festival ini juga dijadikan oleh orang-orang Jepang yang rindu akan kampung halaman mereka, oleh karena itu acara ini dibuat semirip mungkin dengan festival musim panas yang diadakan setiap tahun di Jepang, bedanya adalah pengunjung yang hadir tidak mengenakan Yukata atau pakaian tradisional Jepang. Meskipun Ennichisai diperuntukkan untuk orang-orang Jepang, festival ini juga terbuka bagi orang-orang Indonesia yang ingin datang berkunjung supaya festival ini lebih meriah.


Published at :
Written By
HRCD
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close