People Innovation Excellence

Pengalaman di Jepang – Budaya

Oleh: Chika Imelda Handojono| 11801399333

Selama kurang lebih menghabiskan 3 minggu di Wakayama, Jepang, banyak sekali hal-hal yang saya temukan dan pelajari di sini. Salah satunya, budaya. Di Jepang ada budaya ゆずる (yuzuru), yaitu budaya di mana kita mempersilakan orang lain untuk melakukan sesuatu terlebih dulu, meskipun saat itu kita juga ingin melakukannya. Contoh yang paling mudah terlihat, adalah di perempatan jalan. Saat orang mau belok pun, mereka saling tunggu-menunggu. Saat ada orang atau sepeda yang mau menyebrang pun, mereka juga saling tunggu menunggu dengan sabar. Di sini, jarang sekali terdengar suara klakson mobil ataupun sepeda. Mengapa? Kalau mereka membunyikan klakson, maka mereka akan membuat orang lain marah dan terjadilah pertengkaran. Sepeda juga begitu. Jarang sekali saya mendengar bunyi bel sepeda. Sementara kami yang dari Indonesia membunyikan bel setiap kali akan melewati persimpangan jalan, mereka tidak. Pernah beberapa kali saya hampir bertabrakan karena mereka tidak memberi tanda kalau tiba-tiba mau menyeberang. Yuzuru dilakukan oleh pejalan kaki juga. Misalnya ada sepeda yang datang dari belakang, mereka otomatis akan memberi jalan dengan minggir kesalah satu sisi jalan. Menurut orang Jepang, yuzuru bukanlah aturan, melainkan kebiasaan yang semua orang lakukan. Bukanlah sesuatu yang hebat, melainkan yang biasa saja dan sudah pantas dan selayaknya.

chika 2 chika 3 chika 4 chika 5


Published at :
Written By
Chika Imelda Handojono
Student | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close