PENGALAMAN JEPANG | BUDAYA

Oleh: RENATA MARIA S. | 1801396155

 

Selama 3 minggu di Jepang, ada banyak hal yang membuat saya terkejut. Jepang ternyata memang sangat berbeda dari Indonesia. Sebagai contoh, jalan-jalan di Jepang sangat bersih tanpa terlihat sampah satupun. Disini, membuang sampah pun ada aturannya. Saya dan teman-teman serumah sempat kebingungan karena kami tidak tahu bagaimana cara memisahkan sampah.

        Selain itu, disini juga sangat jarang terlihat motor. Kebanyakan orang menggunakan sepeda atau bus sebagai alat transportasi. Jalan pun terlihat sepi, dan jarang ada orang muda di daerah ini.

        Disini juga terdapat banyak sekali lampu merah, dan hampir tidak ada mobil/motor yang melanggar lampu merah tersebut. Semua sangatlah sesuai dengan aturan disini. Orang Jepang juga sangat menepati waktu. Jujur saja, saya pernah satu kali terlambat untuk bertemu dengan Ishikawa-Sensei. Saat itu, saya terlambat sekitar 4 menit dari waktu yang telah ditentukan. Meskipun hanya terlambat 4 menit, saya tetap diceramahi bahwa orang Jepang sangatlah menaati waktu.

        Saya merasa saya telah belajar begitu banyak hal meskipun saya baru tinggal sekitar 3 minggu di Jepang. Saya harap saya bisa belajar lebih banyak selama setahun kedepan. Sekian pengalaman saya, terima kasih.

renata 1 renata 2 renata 3

RENATA MARIA S