People Innovation Excellence

Pengalaman Saya yang Berhubungan dengan Bahasa di Jepang

Oleh: Andy Dwitafa (1801396086)

 

Saya akan memperkenalkan tentang bahasa Jepang yang dipakai di kota Funabashi prefektur Chiba ini. Pertama saya mencoba untuk berinteraksi dengan guru saya dengan bahasa Jepang yang sopan dan reaksinya biasa saja dan saya juga bertanya kepada guru saya “apakah masyarakat disini ketika berbicara akan menggunakan logat?” guru saya menjawab ”tidak semua memakai bahasa Jepang pada umumnya orang pakai sehari-hari”. Sejak saat itu saya terus menggunakan bahasa Jepang sehari-hari akan tetapi, ketika saya melihat anak muda yang berada di Funabashi dan di shibuya mereka menggunakan gaya bahasa yang cukup berbeda yang membuat saya semakin penasaran. Kita pernah belajar bahasa Jepang dalam bentuk kamus atau gaya bahasa yang anak muda sering pakai tetapi, anak muda di shibuya dan di Funabashi kenapa berbeda? Jawabannya adalah anak muda yang tinggal di kota Tokyo lebih sering menciptakan bahasa gaul yang baru yang biasanya berasal dari sosial media yang kita juga sering gunakan yaitu “Twitter”. Twitter di Jepang merupakan sosial media ke dua setelah line yang merupakan sosial media yang sering digunakan oleh orang Jepang.

Tentang gaya bahasa disini termasuk praktis kita menggunakannya dan tidak begitu diperhatikan oleh masyarakat disini lalu, logat Chiba juga hampir tidak terdengar oleh saya sendiri. Logat di Jepang memang banyak akan tetapi, disini jarang digunakan berbeda dengan di Osaka dan Kyoto yang merupakan logat yang sering dipakai oleh anak muda bahkan, hingga di acara televisi sekalipun juga digunakan. Karena gaya bahasa disini menggunakan bahasa Jepang yang sesuai dipelajari di kampus kita ini merupakan bekal yang cukup untuk saya agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat disini dan bisa memperlancar percakapan saya dalam bahasa Jepang. Semoga saya bisa lebih lancar lagi dan memiliki kemajuan yang pesat disini.

andy 2 andt 1


Published at :
Written By
Andy Dwitafa
Student | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close