People Innovation Excellence

Pengalaman Selama di Jepang (Budaya)

Oleh: Lidya Gunadi (1801398021)

 

  1. Cara Membuang Sampah

lidya 6 lidya 5

Berbeda dengan di Indonesia, di Jepang, saat ingin membuang sampah kita harus memisahkan sampah tersebut berdasarkan kategorinya. Contohnya saat ingin membuang botol air mineral, tempat membuang tutup botol, plastik yang menempel pada botol, dan botol itu sendiri harus di pisah. Contoh lainnya adalah saat ingin membuang kemasan susu cair dari kardus, di kota besar seperti Osaka atau Tokyo, sebelum membuang, kotak tersebut harus di cuci dan di jemur terlebih dahulu, agar lebih mudah untuk di daur ulang. Dan saat ingin membuang sampah, sampah harus di masukan kedalam plastik khusus, tidak boleh membuang sampah selain menggunakan plastik tersebut.

lidya 7

 

  1. Memakai Perhiasan

Saat ingin melamar pekerjaan di salah satu convenience store di Jepang, saya di tegur karena menggunakan perhiasan (anting, kalung dan cincin). Ternyata saat bekerja di Jepang, memang di larang untuk memakai perhiasan, dan saat itu saya baru sadar banyak wanita Jepang yang tidak memakai perhiasan terutama anting.

 


Published at :
Written By
Lidya Gunadi
Student | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close