People Innovation Excellence

“Your Name” Film Animasi Terbaik Tahun 2016

Berikut ini adalah hasil karya Mahasiswa Semester 7 untuk matakuliah Translation of Japanese Newspaper (N1282).

“Your Name” Film Animasi Terbaik Tahun 2016

Film Animasi yang disutradarai Makoto Shinkai dan diberi nama “Your Name” ini mencetak berbagai banyak prestasi gemilang di berbagai negara terutama di negara Asia. Di Tiongkok dan Thailand, film animasi ini menduduki peringkat pertama sebagai film animasi terlaris, mengalahkan “Stand By Me Doraemon,” yang merupakan pemegang rekor sebelumnnya. Tidak hanya kedua negara tersebut, film animasi ini juga merajai peringkat teratas di 4 negara Asia lainnya, yaitu Jepang, Taiwan, Hong Kong, dan Korea Selatan.

            Di Tiongkok, film “Your Name” ini menghasilkan keuntungan hingga 534 juta Yuan (sekitar 90 milyar Yen) dalam waktu 16 hari. Di Thailand, film ini mendapatkan 44.122 ribu Baht (sekitar 140 juta Yen) dalam kurun waktu 14 hari. Korea Selatan yang mempunyai hubungan buruk dalam dunia perfilman dengan Jepang memang telah melarang masuknya film-film Jepang sejak tahun 1998 mengakibatkan penurunan drastis jumlah penayangan film Jepang sejak film “Howl’s Moving Castle” tahun 2004. Film Animasi “Your Name” mendapatkan 100 juta Yen di hari pertama rilis, dan akhirnya mengalahkan “Howl’s Moving Castle” setelah 13 tahun memegang rekor film animasi terlaris di Korea Selatan. Di Jepang sendiri, terhitung tanggal 25 Desember, film ini berhasil mencetak penjualan sebesar 21,33 milyar Yen setelah tayang selama 122 hari. Hal tersebut juga menjadikan film ini memegang rekor-rekor seperti :

  • Film terlaris keempat di Jepang sepanjang masa,
  • Film animasi domestik terlaris kedua di Jepang sepanjang masa,
  • Film animasi terlaris kedua di Jepang sepanjang masa.

Kepopuleran film animasi “Your Name” ini mendatangkan berbagai penghargaan dari berbagai negara. Salah satunya adalah penghargaan ganda dari 49th Sitges Catalonia International film Festival dalam kategori Film Animasi, dan 18th Petit International Animation Film Festival dalam kategori Kompetisi Film Panjang. The Los Angeles Film Critics Association yang sebelumnya memberi penghargaan kepada Miyazaki Hayoe dan Studio Ghibli atas film animasi “Spirited Away” dengan gelar film animasi terbaik tahun 2002, memberikan penghargaan kepada Makoto Shinkai atas film animasi “Your Name” sebagai film animasi terbaik hari Minggu, 4 Desember lalu.

Film ini ditetapkan untuk didistribusikan di 92 negara di dunia. Dimulai dari Perancis pada 28 Desember dan Korea pada 4 Januari 2017 lalu. Dijadwalkan akan dirilis di Los Angeles tahun 2016, film ini juga mengincar penghargaan film animasi panjang di 89th Academy. (Korano).

Disadur dari referensi berikut:
http://jurnalotaku.com/2017/01/06/keuntungan-film-kimi-no-na-wa-naik-41-di-akhir-minggu-lalu/
http://www.animenewsnetwork.com/news/2016-12-04/l.a-film-critics-association-names-shinkai-your-name-as-best-animated-film/.109505
http://www.oricon.co.jp/news/2084190/full/
http://eiga.com/news/20161219/23/


Published at :
Written By
Korano
Student | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close