People Innovation Excellence

Kesuksesan Film Kimi no Na Wa Dalam Dunia Perfilman

Berikut ini adalah hasil karya Mahasiswa Semester 7 untuk matakuliah Translation of Japanese Newspaper (N1282).

Kesuksesan Film Kimi no Na Wa Dalam Dunia Perfilman

Film anime populer karya sutradara Makoto Shinkai Kimi no Na Wa (your name) saat ini menempati posisi keempat paling laris di Jepang, pendapatan yang dihasilkan hingga hari Senin (12/12) lalu telah mencapai 20,51 miliar yen dan berhasil melewati pendapatan yang diraih oleh film Harry Potter and The Philosopher’s Stone di Jepang yaitu 20,3 miliar yen.

Menurut Makoto Shinkai, cerita dalam film ini terinspirasi dari dongeng Torikaebaya Monogatari dari abad ke 12, cerita ini menceritakan tentang 2 saudara kandung yang bertingkah laku seperti orang lain. Dari cerita tersebut Makoto Shinkai mendapatkan alur bertukar tubuh (body swapping) yang dimasukan dalam filmnya tersebut.

 Namun, untuk pendapatan terbesar dalam box office masih dipegang oleh film Spirited Away dengan 30,8 miliyar yen. Film yang tayang di 92 negara ini berhasil mencetak rekor baru di Tiongkok. Menurut perusahaan produksi film Jepang, Touhou film anime Kimi no Na Wa berhasil menempati posisi pertama setiap minggunya di Hongkong, Taiwan, Thailand, dan Tiongkok. Sebagai film Jepang yang masuk ke industri perfilman di Tiongkok, film anime Kimi no Na Wa mendapatkan apresiasi yang baik, hal ini dapat dilihat dari pemutarannya yang dilakukan di 67.823 ribu layar bioskop di Tiongkok.

Sejak pemutarannya yang telah dilakukan selama 3 hari di Tiongkok, pendapatan film anime Kimi no Na Wa berhasil melebihi pendapatan Doraemon Stand by Me, film anime Kimi no Na Wa berhasil memperoleh pendapatan sebesar 2.8 miliar yuan. Sedangkan pendapatan Doraemon Stand by Me sebesar 2.3 miliar yuan. Menurut data yang didapat dari media, untuk peringkat pendapatan box office (termasuk film barat) film Kimi no Na Wa menduduki peringkat kelima, sedangkan peringkat pertama ditempati oleh Spirited Away (30 miliyar 800 juta yen).

Perusahaan entertainment Funimation sebagai pihak yang akan menangani perilisan film Kimi no Na Wa pada tahun depan mengatakan, film ini telah masuk dalam daftar pertimbangan untuk masuk ke dalam Oscar pada kategori animasi terbaik. Film anime Kimi no Na Wa akan bersaing untuk dapat masuk ke dalam daftar nominasi dimana hanya akan tersedia 5 tempat dalam kategori ini. Dengan tingkat kepopuleran yang tinggi dari film anime Kimi no Na Wa, membuat film ini berhasil mengalahkan film anime yang dibuat oleh sutradara Hayao Miyazaki Kaze Tachinu (The Wind Rises). (Agatha).

Disadur dari referensi berikut:
http://www.asahi.com/articles/ASJB402TXJB3UCLV019.html
http://www.forbes.com/sites/olliebarder/2016/11/08/kimi-no-na-wa-makes-oscar-consideration-list-for-best-animated-feature/#783ec2a88f74
http://www.asahi.com/articles/ASJD54F9CJD5UCLV00W.html
https://japanesestation.com/kimi-no-na-wa-torehkan-rekor-sebagai-film-terlaris-ke-4-di-jepang/
-https://www.youtube.com/watch?v=hRfHcp2GjVI
-https://wall.alphacoders.com/tags.php?tid=57303


Published at :
Written By
Stella Agatha
Student | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close