People Innovation Excellence

Kunjungan Kerja Shinzo Abe ke Indonesia

Berikut ini adalah hasil karya Mahasiswa Semester 7 untuk matakuliah Translation of Japanese Newspaper (N1282).

Kunjungan Kerja Shinzo Abe ke Indonesia

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada tanggal 15 Januari 2017. Presiden Joko Widodo akan menjamu  dan mengadakan rapat dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di Istana Bogor. Upacara penyambutan resmi PM Shinzo Abe dan Ibu PM Akie Abe dimulai pukul 16:00. Abe merupakan tamu kepala negara pertama yang diterima Presiden Joko Widodo di tahun 2017. Sektor yang dibahas dalam rapat adalah politik, ekonomi, kemaritiman, dan sosial budaya.

            PM Abe dan Presiden Jokowi membahas isu Laut Cina Selatan, proyek pembangunan pelabuhan Patimban, kerja sama di bidang perkeretaapian dan pembangkit listrik, kesempatan bisnis di bidang irigasi dan konservasi pantai, dan lain-lain.

            Jokowi berkata “Bagi Indonesia, Jepang merupakan mitra strategis di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan dan investasi‎. Dalam pertemuan ini kita bahas kerja sama yang menguntungkan kedua negara.” “Pertemuan ini penting artinya di tengah perkembangan baru dunia. Saya dengan PM Abe membahas perkembangan dunia dalam pertemuan terbatas tadi‎,” ujarnya lagi.

            Abe mengatakan bahwa sebagai sesama negara maritim, bagi Jepang dan Indonesia kerja sama di bidang kemaritiman adalah prioritas paling utama dalam kerja sama antar kedua negara. Untuk itu, Jepang akan secara aktif mendorong kerja sama di bidang keamanan laut. Ia setuju untuk meningkatkan kerja sama kedua negara dalam bidang maritim, memberi bantuan pada proyek pembangunan pelabuhan Patimban, memberikan pinjaman untuk pembangunan irigasi di Indonesia, serta menjalankan proyek pembangunan jalur kereta api Jakarta-Surabaya. (Senjaya)

Disadur dari referensi berikut:

http://www.thejakartapost.com/news/2017/01/15/jokowi-abe-pledge-to-strengthen-bilateral-ties.html
http://www.nikkei.com/article/DGXLASFS15H0U_V10C17A1PE8000/
http://www.kantei.go.jp/jp/97_abe/actions/201701/15indonesia.html
http://bisnis.liputan6.com/read/2827659/presiden-jokowi-bertemu-pm-jepang-bahas-kerja-sama-ekonomi
-https://www.youtube.com/watch?v=dBSLV9bTyiM

 

 


Published at :
Written By
Ivan Senjaya
Student | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close