People Innovation Excellence

Komik dan Anime Jepang

(Artikel ini ditulis oleh : Melinda Vanya Cittadevi, Fika Alifah Novianti, Monique Tesalonika, Karina Miranda)

Kata ‘anime’ pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun apakah arti ‘anime’ sebenarnya?

Anime adalah istilah bahasa Jepang untuk kata ‘animation’ yang mencakup semua jenis animasi. Namun di luar Jepang, kata ini digunakan untuk menyebut animasi bergaya Jepang secara khusus.

Kenapa One Piece dan Naruto menjadi tren? Takane-san berpendapat bahwa kedua anime tersebut tetap populer karena keduanya merilis film-film yang membuatnya terkenal di semua kalangan. One Piece dan Naruto menjadi tren karena kedua judul tersebut manganya pun masih berlanjut hingga sekarang, sehingga banyak orang menjadi penggemarnya.

Tidak hanya Jepang, Indonesia juga memiliki film animasi yang bagus. Salah satunya adalah film animasi yang berjudul Battle of Surabaya yang memiliki tema drama, aksi, dan sejarah Indonesia. Film ini berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945.

Pada tanggal 13 Maret 2017, kami mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai dua orang mahasiswi, Tomoe Kanda dan Aoi Takane, dari Universitas Wakayama pada acara WASABI di Universitas Bina Nusantara. Kami menyakan tentang anime, drama, atau manga yang sedang tren di Jepang. Berhubung keduanya menyukai anime, maka hal itulah yang kami tanyakan lebih jauh.

 

Menurut Kanda-san, anime yang menjadi tren di Jepang adalah Naruto dan One Piece. Naruto adalah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, sorang ninja yang mendapatkan gelar Hokage. Serial ini diterbitkan oleh Shueisha pada tahun 1999. One Piece juga merupakan serial manga yang kemudian diadaptasi menjadi anime. Karya dari Eiichiro Oda ini menceritakan tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy dan pergi mencari harta karun yang disebut One Piece. Manganya telah terbit sejak tahun 1997.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close