People Innovation Excellence

Beginner Tips untuk kalian yang ingin ke C3 AFA 2017

 

Pada bulan Agustus ini para penggemar budaya Jepang akan dimanjakan dengan salah satu event pop culture Jepang terbesar di Indonesia yaitu C3 AFA. Nah, pada artikel kali ini kami ingin memberikan beberapa tips untuk kalian yang mungkin belum familiar dengan bagaimana situasi keramaian pada C3 AFA nanti.

  1. Cermati lokasi dan kondisi

Seperti yang kalian ketahui C3 AFA memiliki pengunjung yang selalu diatas 50.000 pengunjung setiap tahunnya. Untuk menghindari antrian ada baiknya kalian datang lebih pagi, atau anda bisa datang setelah siang hari agar terhindar dari teriknya panas sinar matahari. JIEXPO salah satu tempat yang memakan waktu untuk dikelilingi jadi ada baiknya anda pelajari ruang event di venue tersebut. Pada website JIEXPO sendiri C3 AFA terletak di Hall B1,B3 dan C3.

  1. Baca aturan dengan baik

Peraturan C3 AFA sendiri bisa kalian baca dengan lengkap di link berikut > http://animefestival.asia/jakarta17/rules/ . Ada beberapa hal yang harus kalian cermati seperti tidak bolehnya bawa makanan dan minuman dari luar. Dan bagi cosplayer hati-hati jika barang kalian berpotensi disita oleh para staff. Begitu pula dengan prosedur penukaran tiket. Jangan sampai kurang pahamnya kalian pada peraturan menghambat kalian menikmati momen-momen di C3 AFA ini.

  1. Jaga tiket kalian baik-baik.

Tahun ini C3 AFA menggunakan sistem wristband atau gelang yang diikat di tangan kalian sebagai tanda pengunjung memiliki tiket untuk masuk kedalam. Wristband tersebut hanya bisa dikunci pada lengan kalian 1 kali dan hanya bisa dibuka menggunakan gunting. Jadi jika sudah terlepas kalian mungkin akan kesusahan memasangnya kembali.  Seperti yang ditulis pada bagian peraturan ticketing di website AFA, jika kalian kehilangan atau gelang kalian rusak, kalian tidak akan mendapatkan penggantian gelang baru.

Pada saat ini tempat untuk menukarkan tiket bagi para pembeli online sudah diumumkan difacebook AFA. Jadi kalian bisa merencanakan kapan kalian ingin menukarkan tiket tersebut.

  1. Persiapkan uang tunai

Tidak ada jaminan akan ada mesin ATM atau pembayaran menggunakan debit pada saat di lokasi nanti. Jadi siapkan baik-baik uang tunai yang kalian bawa. Banyak kasus dimana para pengunjung tidak bisa membeli barang limited karena kekurangan uang tunai yang mereka bawa.

  1. Tentukan prioritas barang yang ingin dibeli

Tidak semua merchandise di C3 AFA dapat kalian beli di luar event yang meriah ini. Jadi pikirkan baik-baik mana prioritas barang yang harus kalian beli lebih dahulu. Terutama bagi para kolektor yang ingin membeli barang limited seperti signed CD atau figure limited hal ini harus kalian cermati, Karena kemungkinan  antrian panjang dan stock barang yang tidak banyak dapat membuat kalian gagal mendapatkan barang yang kalian incar.

  1. Siapkan powerbank

Jika kalian datang bersama teman atau keluarga, ada kemungkinan kalian terpisah pada saat di acara nanti, jadi untuk berjaga-jaga siapkan powerbank agar ponsel kalian terus menyala sampai kalian pulang dari C3 AFA. Selain untuk komunikasi, ponsel kalian juga bisa digunakan untuk menavigasi lokasi stand, rundown acara serta pengumuman-pengumuman pada saat di C3 AFA nanti.

Barang-barang lain seperti payung, atau tas untuk menaruh barang belanjaan anda patut dipertimbangkan untuk dibawa. Namun, jangan membawa barang yang cukup berat karena akan menghabiskan energi kalian saat berkeliling.

Ada banyak sekali special guest yang akan diundang pada saat acara nanti, jangan sampai kalian melewatkan acara yang dibawakan oleh mereka karena lupa rundown atau terlalu asik terbawa suasana di tempat lain. Jangan lupa simpan foto rundown C3 AFA pada ponsel kalian agar tetap keep in touch dengan waktu sekaligus mengetahui acara apa yang sedang berjalan.

Diluar aturan yang tertulis, sebagai pengunjung dan penggemar budaya Jepang ada baiknya kalian juga menjaga etika kalian pada saat di lokasi event. Jagalah kebersihan dan properti, hormati pengunjun, guest star, security dan juga staff yang bekerja keras demi berjalan lancarnya event ini. Kami harap tips ini dapat membantu kalian menikmati meriahnya event C3 AFA Jakarta tahun ini.

Contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya, meminta izin kepada cosplayer bila ingin foto bersama, tidak boleh memaksakan cosplayer untuk foto bareng karena cosplayer juga manusia yang memiliki keterbatasan tenaga, jangan melakukan pelecehan seksual kepada siapapun (cosplayer maupun pengunjung lain) , jangan saling menghina idola idola kalian, hormatilah siapapun yang ada disana mulai dari artis, penjaga keamanan, maupun penjual barang booth yang ada disana.

Tim Penulis: J.A.R.

Sumber:

href=”http://animefestival.asia/jakarta17/”>http://animefestival.asia/jakarta17/</a></p>
<p style=”text-align: justify;”><a href=”https://www.facebook.com/animefestivalasia/”>https://www.facebook.com/animefestivalasia/</a></p>


Published at : Updated
Written By
J-A-R
Students | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close