People Innovation Excellence

Kenali Bentuk-Bentuk Menarik dari Sushi

           

           Para penggemar makanan Jepang pasti sudah mengenal apa itu Sushi yang merupakan salah satu makanan khas Jepang. Sushi biasanya terdiri dari nasi yang dibentuk dan disertai toping lauk dan sayuran. Namun, apakah kalian tahu bahwa nama dan bentuk sushi itu beraneka ragam? Kali ini kami akan membahas bentuk-bentuk dan nama dari sushi tersebut.

  1. Chirashizushi (ちらし寿司)

           Jenis sushi yang satu ini mungkin sedikit berbeda dari jenis sushi lainnya. Nasi pada Chirashizushi  tidak dibentuk seperti sushi pada umumnya melainkan dimasukan kedalam wadah seperti mangkuk lalu diberikan toping lauk seperti ikan dan sayuran. Mungkin kalau di Indonesia sendiri, sushi jenis ini lebih mirip makanan dengan lauk biasa, ya?

  1. Inarizushi(稲荷寿司)

          Inarizushi merupakan sushi yang terdiri dari nasi yang dibalut dengan kulit tofu goreng atau tahu Jepang. Inarizushi diambil dari nama “Inari” yang merupakan salah satu dewa dari kepercayaan Shinto.

  1. Makizushi(巻き寿)

          Makizushi atau sushi gulung adalah sushi yang dibuat dengan alas berbahan bambu bernama makisu. Pada alas bambu tersebut diletakan selembar nori (lumput laut) berserta dengan nasi, lauk, dan sayur yang lalu digulung bersamaan hingga berbentuk tabung. Setelah itu, tabung tersebut dipotong secara vertikal sehingga berbentuk seperti gulungan.

          Makizushi sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti Futomaki (gulungan tebal), dan Hosomaki (gulungan tipis). Ada juga Ehomaki yang terkenal disajikan pada saat perayaan setsubun di Jepang yang biasa dirayakan tepat saat sebelum musim semi.

  1. Temakizushi ()

           Temakizushi adalah salah satu dari jenis Makizushi. Bedanya dari makizushi adalah temakizushi digulung dengan nori, lalu dibentuk hingga menyerupai cone atau kerucut. Lalu, di dalamnya diisi nasi, lauk, dan sayuran seperti makizushi.

  1. Narezushi (熟れ寿)

          Merupakan sushi tradisional yang terdiri dari nasi dan ikan yang ditaburi garam lalu difermentasikan. Narezushi dapat dimakan dalam jangka waktu yang lama. Perlu dicatat rasa dari Narezushi ini asin dan agak sedikit amis.

  1. Nigirizushi (握り寿)

         Nigirizushi merupakan sushi yang dibuat dengan mengepalkan nasi hingga berbentuk oval, lalu diletakan toping daging ikan, salmon, tuna, belut, dan makanan seafood lainnya. Biasanya, di atas daging tersebut ditambahkan sedikit wasabi sebagai pelengkap.

  1. Oshizushi(押し寿)

         Oshizushi atau hako-zushi adalah jenis yang terkenal dari daerah Kansai. Nasi dan lauk yang ada pada Oshizushi ditekan sehingga padat dan berbentuk seperti persegi. Sedikit berbeda dengan sushi lainnya, bahan oshizushi selalu sudah dimasak matang dan tidak menggunakan ikan yang mentah.

          Nah, kalian pernah lihat jenis-jenis sushi di atas, selain jenis di atas juga ada sushi yang sudah tercampur dengan budaya asing.

Sumber:
http://japan-web-magazine.com/japanese/japanese-food/narezushi-japanese.html
https://malaysia.fun-japan.jp/Articles/2015/12/01/MY_20141204-09-Oishii-Oshizushi-Pressed-square-delicious-cute-kawaii-osushi
http://www.allaboutsushiguide.com/sushi-mold.html
https://laikatours.com/cuisine/sushi-symbol-food-japan.html
http://sushinotjunk.weebly.com/nigirizushi.htmlhttps://www.japancentre.com/en/recipes/3-temaki-zushi-hand-rolled-sushi
http://japanese-cooking-class-tokyo-mari.com/recipe/2014/05/28/sushi-roll-recipe-how-to-make-makizushi/
https://en.wikipedia.org/wiki/Sushi
http://japaneserecipes.wikia.com/wiki/Chirashi-zushi


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close