Cara Makan Sushi yang Baik dan Benar

Tahukah kalian saat makan sushi ada tata cara sendiri saat memakannya? Bagaimana cara kalian makan sushi? Menggunakan sumpit, pakai tangan, atau masih ada cara lainnya? Tahukah kalian bahwa sebenarnya ada cara tertentu untuk makan sushi yang baik dan benar?

Pada kali ini, kami ingin membahas bagaimana orang Jepang memakan sushi.
Berikut ulasannya.

  • Jika kalian makan pakai tangan, bersihkan tangan kalian terlebih dahulu sebelum memulai makan karena kebersihan merupakan salah satu yang penting pada saat menyantap makanan. Toko-toko sushi di Jepang biasanya menyediakan handuk hangat untuk mencuci dan mengelap tangan kalian. Namun, orang Jepang pun ada yang memakan sushi memakai sumpit seperti orang yang tangannya mudah berkeringat, ataupun juga orang kantoran yang tidak ingin tangannya kotor.

  • Siapkan saus shoyu atau wasabi, Wasabi merupakan tanaman yang berasal dari Jepang yang dijadikan saus untuk dimakan bersama dengan sushi. Saus wasabi sangat cocok digunakan pada makanan mentah karena mengandung zat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan.

  • Setelah itu, celupkan sushi kalian ke shoyu. Untuk Nigirisushi, celupkan sushi ke saus pada bagian ikannya, bukan pada nasinya, ya. Lalu, santaplah semua sushi dalam 1 lahapan agar semua rasa pada sushi bisa kalian rasakan.

  • Makan jahe (shoga) yang sudah disiapkan setelah sushi di mulut kalian sudah habis. Jahe tersebut berfungsi untuk menyegarkan kembali mulut kalian dari campuran rasa sushi yang sudah kalian makan.

Tapi harap diingat, jika kalian menggunakan sumpit maupun tangan ada hal-hal yang harus kalian perhatikan karena ada beberapa hal yang dianggap orang Jepang tidak sopan seperti menggesekan kedua sumpit kalian, begitu juga dengan menusukkan sumpit ke makanan.

Sudah mengerti, ‘kan? Apakakah kalian sudah memakan sushi dengan benar?
Kalau belum, yuk coba kita praktikan cara-cara di atas dengan benar.

Sumber :

http://mentalfloss.com/article/71747/visual-guide-eating-sushi-japan

http://www.akikotomoda.com/lecture/?p=3827

http://yomemanners.com/1063.html

http://www.monkeymedia2u.com/GoArticles/content.php?id=31

https://matcha-jp.com/id/1667

 https://en.oshiete.goo.ne.jp/article/102

J-A-R