People Innovation Excellence

Cara Makan Sushi yang Baik dan Benar

Tahukah kalian saat makan sushi ada tata cara sendiri saat memakannya? Bagaimana cara kalian makan sushi? Menggunakan sumpit, pakai tangan, atau masih ada cara lainnya? Tahukah kalian bahwa sebenarnya ada cara tertentu untuk makan sushi yang baik dan benar?

Pada kali ini, kami ingin membahas bagaimana orang Jepang memakan sushi.
Berikut ulasannya.

  • Jika kalian makan pakai tangan, bersihkan tangan kalian terlebih dahulu sebelum memulai makan karena kebersihan merupakan salah satu yang penting pada saat menyantap makanan. Toko-toko sushi di Jepang biasanya menyediakan handuk hangat untuk mencuci dan mengelap tangan kalian. Namun, orang Jepang pun ada yang memakan sushi memakai sumpit seperti orang yang tangannya mudah berkeringat, ataupun juga orang kantoran yang tidak ingin tangannya kotor.

  • Siapkan saus shoyu atau wasabi, Wasabi merupakan tanaman yang berasal dari Jepang yang dijadikan saus untuk dimakan bersama dengan sushi. Saus wasabi sangat cocok digunakan pada makanan mentah karena mengandung zat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan.

  • Setelah itu, celupkan sushi kalian ke shoyu. Untuk Nigirisushi, celupkan sushi ke saus pada bagian ikannya, bukan pada nasinya, ya. Lalu, santaplah semua sushi dalam 1 lahapan agar semua rasa pada sushi bisa kalian rasakan.

  • Makan jahe (shoga) yang sudah disiapkan setelah sushi di mulut kalian sudah habis. Jahe tersebut berfungsi untuk menyegarkan kembali mulut kalian dari campuran rasa sushi yang sudah kalian makan.

Tapi harap diingat, jika kalian menggunakan sumpit maupun tangan ada hal-hal yang harus kalian perhatikan karena ada beberapa hal yang dianggap orang Jepang tidak sopan seperti menggesekan kedua sumpit kalian, begitu juga dengan menusukkan sumpit ke makanan.

Sudah mengerti, ‘kan? Apakakah kalian sudah memakan sushi dengan benar?
Kalau belum, yuk coba kita praktikan cara-cara di atas dengan benar.

Sumber :

http://mentalfloss.com/article/71747/visual-guide-eating-sushi-japan

http://www.akikotomoda.com/lecture/?p=3827

http://yomemanners.com/1063.html

http://www.monkeymedia2u.com/GoArticles/content.php?id=31

https://matcha-jp.com/id/1667

 https://en.oshiete.goo.ne.jp/article/102


Published at : Updated
Written By
J-A-R
Students | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close