People Innovation Excellence

Hal yang harus diperhatikan ketika makan menggunakan sumpit

Sumpit merupakan salah satu alat untuk membantu kita makan. Baik di Indonesia maupun di Jepang, sumpit sering sekali dipakai. Namun di Jepang sebenarnya ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sumpit. Jadi ketika di Jepang, kalian tidak boleh asal memakai sumpit karena ada etika dan aturan-aturan tertentu. Agar kalian tidak dianggap orang yang tidak sopan, yuk, simak aturannya di bawah ini :

  1. Perhatikan cara memegang sumpit

Ada beberapa larangan saat memegang sumpit seperti menggegam sumpit seperti memegang tombak atau pedang.  Begitu juga dengan menyilangkan sumpit dan menggosok-gosok sumpit.

  1. Watashi-bashi

Jangan sembarangan meletakkan posisi sumpit. Ketika kalian selesai makan atau ingin rehat dari makan, letakkan sumpit pada tempat sumpit (Hashioki). Jangan menaruh sumpit kalian pada tempat makan dengan posisi menyilang (berbentuk huruf x) atau ditusukan berdiri ke nasi karena di Jepang dapat diartikan seperti ritual pemakaman. Selain itu meletakan sumpit diatas mangkuk kalian juga tidak boleh karena bagi orang Jepang itu adalah hinaan. Begitu juga dengan memberikan makanan ke orang lain dengan menggunakan sumpit.

  1. Saguri-bashi

Jangan memisahkan makanan dengan sumpit kalau yang ini mirip seperti etika di Indonesia, kalian tidak boleh memilih-millih makanan dan memisahkan makanan kalian dengan sumpit. Selain itu kalian juga tidak boleh menggali tumpukan nasi atau lauk pada makanan kalian.

  1. Namida-bashi

Saat memakan, kalian jangan sampai sumpit kalian terkena genangan air dari makanan atau sampai meneteskan air. Kalian tidak boleh menjilat ujung sumpit kalian yang basah atau terkena bumbu makan dari makanan yang kalian makan. Jadi berhati-hatilah saat mau mengambil makanan yang berkuah atau saat mencelupkan makanan ke saus tertentu.

  1. Mayoi-bashi

Dilarang mengaduk-ngaduk isi makanan dalam mangkuk menggunakan sumpit.  Sebelum kalian mau mengambil makan memakai sumpit tentukan dulu apa yang ingin kalian ambil.

  1. Yose-bashi

Jika posisi duduk kalian jauh dari wadah makanan yang ingin kalian ambil, Jangan langsung ambil menggunakan sumpit. Gunakan tangan dahulu untuk memperdekat jarak piring tersebut.

  1. Sashi-bashi

Jika kalian mengalami kesusahan dalam mengambil makan yang licin atau bentuk nya kecil, kalian tidak diperbolehkan menusuk makanan tersebut memakai sumpit.

Nah, sekarang sudah tau kan apa saja yang harus kalian perhatikan saat makan menggunakan sumpit. Apakah kalian ada yang salah dalam penggunaan sumpit kalian?

http://gourmet.hot-ishikawa.jp/japanesefood/manner#ohashi

https://www.hot-ishikawa.jp/english/japanesefood/manners.html

www.auburn.wednet.edu


Published at : Updated
Written By
JAR
Students | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close