People Innovation Excellence

Boneka Daruma – Pengabul Permintaan

Pernahkah kalian melihat boneka Daruma? Sadarkah kalian bahwa mata pada boneka Daruma ada yang hanya digambar sebelah mata saja dan ada yang digambar kedua matanya? Atau adakah dari kalian yang tahu asal usul bentuk boneka Daruma? Penasaan? Yuk, kita bahas lebih dalam lagi!

Boneka Daruma merupakan boneka asal Jepang yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan sekaligus simbol bagi orang-orang yang ingin keinginannya terkabul. Daruma sendiri berbentuk hampir bundar, berwarna merah pada bagian luarnya dan memiliki wajah dengan kumis dan alis yang tebal. Muka pada boneka Daruma berasal dari pendeta Buddha yang terkenal yaitu Bodhidharma. Salah satu ceritanya yang terkenal adalah pendeta tersebut melakukan meditasi selama 9 tahun yang menyebabkan kaki dan tangannya lumpuh. Maka dari itu boneka Daruma tidak memiliki kaki dan tangan.

Yang menarik dari boneka Daruma ini adalah ketika dijual mereka tidak memiliki mata, karena mata tersebut pembeli lah yang mengisinya. Bagi para pembeli yang memiliki harapan atau keinginan yang ingin terkabul kalian bisa menggambarkan satu mata pada boneka tersebut. Pertama pikirkanlah keinginan yang kalian inginkan lalu gambarlah mata pada bagian kiri boneka. Hal ini dilakukan agar para pemilik boneka Daruma selalu ingat akan keinginan mereka. Setelah itu, ketika suatu saat nanti keinginan kalian terkabul barulah kalian menggambar mata yang yang sebelah kanan sebagai bentuk rasa terima kasih. Sebenarnya menggambar mata boneka Daruma tidak harus dari kiri. Banyak pendapat orang Jepang perihal darimana memulai menggambar mata boneka Daruma. Tapi, kebanyakan orang menggambar mata boneka Daruma dari sebelah kiri.

Adakah dari kalian yang sudah mencoba membeli boneka Daruma? Atau sudah ada permintaan kalian yang terkabul setelah menggambar mata boneka Daruma? Bagi yang ingin membeli boneka Daruma kalian bisa membelinya di toko-toko online.

Sumber :

https://www.hanamonogatari.com/wppostplus/plg_WpPostPlus_post.php?postid=628

http://www.shiroyama.or.jp/kotozuke/darumanome.html


Published at : Updated
Written By
JAR
Students | Binus University
Leave Your Footprint
  1. Artikelnya sangat menginspiratif, tertata informasinya sehingga bisa dicerna dengan mudah.
    pertanyaan2 kecil yang di sampaikan dalam artikel membuat pembaca menjadi penasaran untuk mencari informasi lebih lanjut tentang boneka daruma ini.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close