People Innovation Excellence

Mikoshi – Kuil Kecil Pengantar Dewa

Tahukah kalian apa itu Mikoshi? Bila kalian suka ke event festival budaya Jepang, kalian akan sering melihat arak-arakan dimana kuil kecil diangkat oleh banyak orang-orang mengelilingi jalan di sekitar event. Kuil kecil yang diangkat itu disebut dengan Mikoshi. Mikoshi juga biasa disebut dengan sebutan omikoshi yang memiliki arti yang sama. Hanya saja omikoshi dianggap lebih sopan ketika diucapkan dengan bahasa Jepang. Kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang Mikoshi.

Mikoshi dipercaya sebagai transportasi untuk dewa. Maka dari itu, mikoshi memiliki bentuk seperti kuil. Lalu, kuil tersebut terdapat batang kayu di bawahnya yang berfungsi sebagai tandu untuk digotong oleh orang-orang.  Ukuran mikoshi pun beragam ada yang besar dan ada yang kecil.  Orang Jepang percaya ukuran besar kecil mikoshi bukan merupakan tindakan penghinaan kepada dewa. Dewa yang dipercaya berada dalam mikoshi tersebut pun bisa berbeda tergantung dengan kepercayaan orang yang menyembah kuil tersebut.

Pada atap mikoshi terdapat patung burung phoenix atau houou. Walaupun burung phoenix dianggap sebagai makhluk yang fiktif, burung tersebut tetap dianggap sebagai keberadaan yang dihormati oleh banyak masyarakat Jepang.

Mikoshi sendiri digotong dengan menggunakan ritme dan irama tertentu agar mempermudah pawai. Pada festival budaya Jepang di Indonesia, mikoshi yang kecil biasanya diangkat oleh anak-anak, sedangkan mikoshi yang besar biasanya diangkat oleh orang dewasa. Lalu, biasanya diatas omikoshi besar, ada beberapa anak perempuan yang bermain taiko mengiringi irama gotongan mikoshi tersebut.

 

Bagaimana? Tertarik dengan mikoshi? Kalian bisa melihat mikoshi di event Jepang seperti Jak-Japan Matsuri pada tanggal 8 dan 9 September 2017 nanti. Atau mungkin kalian juga bisa mendaftar sebagai sukarelawan pada event budaya Jepang lain untuk mendapat pengalaman bagaimana rasanya mengangkat mikoshi. Jika kalian tertarik silahkan cek di link ini.

Sumber:

http://www.rodgersandcolpa.com/mikoshi_pc/about4.php
http://www.dannychoo.com/ja/post/25796/
https://tokyobling.wordpress.com/
http://traveljapanblog.com/wordpress/2009/09/

Published at : Updated
Written By
JAR
Students
Leave Your Footprint
  1. mikoshi tersebut umumnya didedikasikan untuk kuil-kuil para dewa khususnya di Jepang. Namun seperti yang diketahui di Indonesia sendiri juga terdapat acara kejepangan yang juga mengadakan event mengarak mikoshi, sebagai tambahan saja mungkin bisa di sebutkan sedikit pengarakan mikoshi yang ada di indonesia dan apakah ada makna tersendiri bagi masyarakat jepang yang berada di indonesia itu sendiri

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close