People Innovation Excellence

Koi Nobori Simbol Keluarga Berbentuk Bendera Ikan

Pernahkah kalian melihat deretan bendera bergambar ikan koi pada rumah-rumah di Jepang? Bendera tersebut disebut dengan Koi Nobori. Koi Nobori merupakan 1 set tiang bendera yang dikibarkan saat “Kodomo no Hi” atau hari anak. Bendera ini melambangkan banyak hal, lho! Penasaran? Yuk, mari kita bahas!

Tradisi mengibarkan Koi Nobori bermula pada Zaman Edo. Pada saat itu, para samurai biasa menampilkan peralatan samurai seperti boneka samurai dan baju besi mereka pada hari anak-anak. Lalu, dibuat juga bendera dari kain yang berbentuk seperti ikan koi. Bendera tersebut dibuat sedemikian rupa agar bisa berkibar saat tertiup angin. Setelah zaman samurai berakhir, tradisi mengibarkan bendera ikan koi saat hari anak-anak ini terus berlanjut.

Mengapa ikan koi? Koi merupakan simbol kesuksesan dalam hidup, Hal ini dikutip dari cerita sejarah buku Tiongkok yang menceritakan ikan-ikan berusaha keras memanjat air terjun. Dari semua ikan yang ada hanya ikan koi yang berhasil mencapai puncak dan berhasil berubah menjadi naga.

Setelah tradisi samurai hilang, bendera Koi Nobori terdiri dari 4 bagian yaitu :

  1. Ryudama (Bola Naga) : Berada pada bagian paling atas, berbentuk bola dan dapat berputar.
  2. Yaguruma : Dipasang dibawah Ryudama, memiliki bentuk seperti roda yang berputar, Kedua bagian ini dipercaya sebagai pengusir roh jahat.
  3. Fukiganashi : Bendera yang berwarna-warni dan ditaruh pada bagian atas bendera lain. Warna pada Fukiganashi melambangkan 5 elemen yaitu kayu,api,air,tanah,dan logam. Fukiganashi dipercaya sebagai simbol penangkal penyakit.
  4. Koi Nobori : Bendera yang berbentuk seperti ikan koi. Warna dan urutan Koi Nobori dipasang sesuai dengan jumlah keluarga yang ada.

Sebelumnya, Koi Nobori hanya melambangkan laki-laki dalam keluarga. Warna hitam sebagai kepala keluarga, dan merah sebagai anak pertamanya. Lalu, ditambahkan bendera dengan warna lain jika memiliki anak lebih dari satu. Tapi, pada zaman modern sudah berbeda. Warna merah bukan lagi melambangkan anak pertama melainkan melambangkan Ibu dalam keluarga. Sementara anak dilambangkan dengan warna biru dan hijau.

Menarik, ‘kan? Apakah kalian tertarik dengan Koi Nobori? Apakah kalian ingin mempunyai Koi Nobori?

http://ii-nippon.net/日本の風習/1424.html

http://www.koinobori-japan.jp/koinobori.html


Published at :
Written By
J.A.R.
Students | Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close