Festival Musim Gugur di Arashiyama, Arashiyama Momiji Festival!!

Hallo minna-san, para pecinta budaya Jepang, kalian pasti sudah tahu bahwa Jepang itu memiliki berbagai macam festival bukan? Nah, festival-festival yang diadakan di Jepang memiliki kekhasan yang berbeda setiap musimnya loh. Lalu, karena sebentar lagi Jepang akan memasuki musim gugur, kali ini D’Didi akan membahas tentang salah satu festival musim gugur di Jepang yaitu Arashiyama Momiji Festival yang diadakan di Kyoto!

Arashiyama Momiji Festival”

Arashiyama Momiji Festival secara singkat merupakan festival melihat momiji di Arashiyama. Arashiyama merupakan nama tempat festival tersebut di adakan dan terletak di bagian barat Kyoto. Arashiyama sendiri sudah sangat terkenal akan hutan bambunya Sedangkan, Momiji sendiri merupakan sebutan untuk daun pohon maple yang berwarna merah. Daun-daun tersebut memerah karena memasuki musim gugur, dan pohonnya akan menggugurkan semua daunnya sebelum musim dingin tiba.

Sejak jaman Heian(794-1185) Arashiyama sudah populer dan menjadi tempat tujuan favorit oleh para bangsawan. Para bangsawan datang ketempat ini untuk menikmati pemandangan alami yang terjadi di setiap musim gugur di tempat ini. Festival ini diadakan dengan tujuan untuk merayakan budaya tradisional tersebut dan biasanya diadakan pada minggu ke-2 di bulan November.

Festival ini menampilkan pemandangan momiji yang indah dan beberapa pertunjukan seni seperti tarian tradisional dan seni budaya seperti Noh dan Kyogen (Pertunjukkan theater tradisional Jepang). Para pemain yang tampil akan mengenakan kostum tradisional jaman Heian. Salah satu pertunjukan utama festival ini adalah ketika para bangsawan berlayar menggunakan perahu melewati sungai Oi. Di atas perahu juga nantinya akan diadakan pertunjukan Noh dan Kyogen yang tentunya diiringi dengan musik tradisional Jepang. Tempat terbaik untuk melihat festival ini adalah di atas jembatan Togetsukyo.

 

D'Didi