People Innovation Excellence

Kebiasaan dan Aturan di Jepang yang harus kalian perhatikan saat berkunjung!!

Hello guys! Pada kesempatan kali ini, D’didi ingin membahas mengenai kebiasaan-kebiasaan yang ada di Jepang. Sebelum berlibur ke sana, ada baiknya kalian mengetahui lebih dulu kebiasaan dan tata krama yang berlaku di sana. Tentunya kita harus menghargai budaya mereka saat berkunjung ke sana, sama seperti peribahasa “Di mana langit dijunjung, di situlah bumi dipijak”. Berikut akan D’didi uraikan hal-hal yang harus kalian perhatikan saat berkunjung ke Jepang.

 

  • Saat berada di eskalator

Berbeda dari negara Indonesia dan negara lain kebanyakan, ada tata krama saat menggunakan eskalator di Jepang. Pertama, aturan berdiri di sebelah kiri, pada daerah Kanto seperti Tokyo, kita diharuskan berdiri di sisi kiri eskalator. Sedangkan sisi bagian kanan diperuntuhkan bagi orang yang sedang terburu-buru. Namun, ada juga daerah yang justru menetapkan aturan untuk berdiri di sisi kanan, seperti Osaka. Nah, yang menarik adalah daerah Kyoto, karena Kyoto merupakan kota wisata populer bahkan untuk orang jepang sendiri, sehingga meski berada di daerah kansai seperti Osaka, budaya berdiri di eskalator sedikit tercampur di kota ini. Di Kota ini, aturannya adalah mengikuti orang yang ada di depan, jika orang di depan berdiri di sisi kanan, maka ikutilah, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan pengalaman D’didi, di pusat kota kyoto, hampir semuanya berdiri di sebelah kiri eskalator. Sedangkan kalau didaerah arashiyama,kyoto, maka kita harus berdiri di sisi kanan.

  • Ketika menaiki kereta

Jika di Indonesia, biasanya kita sering melihat orang menelepon saat berada di dalam kereta, maka hentikan kebiasaan ini bila kalian liburan ke Jepang. Karena, di Jepang kalian dilarang untuk berbicara dengan telepon di dalam kereta ataupun berbicara dengan suara keras. Selain suara keras yang mengganggu, orang Jepang juga sangat menghargai privasi, jadi saat kita bertelepon, orang di sebelah kita jadi tepaksa mendengar privasi kita, walau sebenarnya mereka tidak ingin. Begitu juga bila HP kalian mengeluarkan bunyi berisik sendiri, jadi sebaiknya silent HP kalian, dan baru nyalakan suaranya ketika di stasiun tujuan. Lalu, walau sebenarnya tidak dilarang, jangan juga makan di dalam kereta, karena makan didalam kereta dianggap tidak sopan bagi orang Jepang. kecuali ketika kalian menaiki Shinkansen(kereta cepat Jepang), karena jarak tempuh shinkansen yang cukup jauh dan membutuhkan waktu yang lama, kita diperbolehkan untuk makan.

  • Ketika menaiki kereta yang penuh

Saat kita menaiki kereta yang penuh atau ramai, kenakan tas ransel anda di depan. Hal ini dikarenakan, bila diletakkan di belakang, kita tidak tahu siapa saja yang terganggu dengan keberadaan tas kita. Juga, usahakan untuk tidak membawa tas ransel yang terlalu besar, kecuali bila kamu harus pindah hotel dan membawa koper.

  • Menyiram Tissue toilet

Di indonesia, biasanya kita tidak boleh membuang Tissue ke dalam lubang toilet karena bisa menyebabkan mampet namun, hal ini berbeda saat berada di Jepang. Di sini anda diharuskan membuat tissue bekas ke dalam lubang toilet. Tissue toilet di jepang dibuat sangat mudah hancur dalam air, sehingga tidak akan menyebabkan toilet tersumbat.

  • Ketika membayar di kasir

Ketika membayar di kasir, usahakan agar tidak memberikan uang secara langsung dari tangan kita ke tangan kasir. Letakkan uang yang ingin di bayarkan ke dalam nampan kayu kecil yang sudah disediakan. Sang kasir pun akan melakukan hal yang sama.

  • Aturan membuang sampah

Jepang memang sudah dikenal sebagai negara yang bersih dan teratur, sehingga sampah harus dibuang pada tempatnya. Namun, yang harus diperhatikan adalah tidak semua jenis sampah bisa kamu buang di satu tempat sampah. Biasanya akan ada tiga tempat sampah, sampah yang bisa dibakar, sampah botol bekas, dan sampah botol kaca dan kaleng. Kemudian, meski jalanan bersih dari sampah, sulit ditemukan tempat sampah ditempat umum. Sampah biasanya hanya berada di mini market atau tempat makan. Sehingga, usahakan untuk membawa sampah kalian sendiri sampai menemukan tempat sampah ya.

  • Pastikan untuk mengantri

Sebagai sebuah negara yang tertib, mengantri sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Jepang. Kalian harus mengantri untuk segala hal di jepang, bahkan di banyak tempat sudah disiapkan garis yang menunjukkan ke arah mana kita harus mengantri. Biasanya garis tersebut ada di lantai, jadi perhatikan baik-baik. Lalu, tempat mengantri tidak selalu di depan kasir, bisa saja kita semua mengantri hanya di satu tempat. bila ada kasir yang kosong, barulah kita ke sana namun, tempat mengantri tetaplah sama bagi yang di belakang kita. Jangan menyerobot karena akan dianggap sangat tidak sopan dan mungkin akan menimbulkan keributan.

Well, itulah 7 kebiasaan yang harus kalian lakukan saat berada di Jepang. Ingat, kita harus menghormati kebiasaan orang-orang di suatu negara saat kita berkunjung. Semoga liburan kalian menyenangkan dan penuh kenangan indah, happy holiday!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close