People Innovation Excellence

Mau Keliling Tokyo, tapi Bingung Naik Kereta? Pakai saja Kartu Suica!

Apa itu kartu Suica?

Bagi kalian yang tinggal di Jakarta atau Jabodetabek, pasti sudah gak asing lagi dengan yang namanya Commuter Line. Yap, kartu Suica ini bisa dibilang mirip dengan kartu Commuter dimana kita hanya perlu mengisi saldo kartu, kemudian menempelkan kartu di pintu masuk dan pintu keluar stasiun tujuan, kita bisa kemanapun. namun, yang menjadi perbedaan, kartu Suica memiliki fitur yang lebih banyak.

Apa saja kegunaan kartu Suica?

Pertama, tentu saja untuk menaiki kereta, dengan kartu Suica ini kalian gak perlu repot-repot mbeli tiket, cukup tempelkan saja di pintu masuk dan pintu keluar di stasiun tujuan kalian. Sudah diketahui banyak orang kalau pembelian tiket kereta di Jepang itu sangat merepotkan. kalian harus tahu jalur perusahaan mana yang akan kalian gunakan, lalu belum lagi kalau ada transit ke jalur perusahaan lainnya, kemudian stasiun tujuan lalu mengecek harga baru membayarnya. Namun dengan kartu Suica kalian jadi tak perlu repot-repot menghafal perusahaan kereta di jepang dan jalurnya maupun peduli soal harga, karena akan memotong saldo di kartu secara otomatis. kartu ini bisa dipakai di stasiun kereta manapun di Tokyo dan sebagian besar wilayah di Jepang. Lalu, alasan kedua kenapa kalian butuh kartu Suica saat berada di Tokyo adalah, selain untuk kereta, kartu ini juga bisa dipakai untuk membayar Bus, Subway, belanja di mini market, bahkan bisa juga untuk membayar Taksi. Meski beberapa daerah memiliki Smart card nya sendiri-sendiri, namun kalian tetap bisa memakai Suica di wilayah lain.

Hal-hal yang harus kalian perhatikan

Meski punya banyak kelebihan, kartu Suica juga punya hal-hal yang perlu kalian perhatikan dalam penggunaannya. Pertama, kartu Suica memang bisa digunakan untuk sebagian transportasi namun ada juga beberapa yang tidak yakni,

  1. Bus Limousine (Bus jarak jauh),
  2. Highway Bus (Bus bandara)
  3. dan tentu saja Shinkansen.

Lalu, kalian tidak bisa masuk dan keluar di stasiun yang sama dan keluar di jalur yang berbeda. Misalnya, masuk jalur A di stasiun awal, namun keluar di Jalur B saat di stasiun tujuan. Jadi hati-hati jangan sampai salah masuk jalur. Meski demikian, kebanyakan stasiun menyatukan pintu masuk semua jalur, sehingga lebih mudah, namun ada juga yang dipisah, jadi hati-hati ya membaca jalurnya.

 

Bagaimana Mendapatkan kartu Suica?

Kalian bisa mendapatkan kartu Suica di semua vending machine di JR East Station, JR ticket Office, dan Travel Service Center JR East di bandara Narita dan Haneda serta Stasiun Tokyo, Shinjuku dan Ikebukuro. Kalian juga bisa langsung mengisi Saldo Suica di tempat kalian membelinya. Untuk pengisian saldo, minimal kalian bisa mengisi 1000 Yen (500 untuk deposit, 500 saldo). Lalu, Kartu Suica maksimal dapat menampung 20.000 Yen.

Sudah mau pulang tapi sisa saldo masih banyak?

Tenang, karena sisa saldo di kartu Suica dapat diuangkan kembali, atau refund.       Akan tetapi, hal ini hanya dapat dilakukan di stasiun kereta JR East. Saat refund, kalian akan mendapatkan sisa uang kalian + deposit 500yen. Lalu, kalian juga akan dikenakan biaya 220 yen untuk pengembalian. Namun bagusnya adalah, kalau kalian mempunyai sisa saldo kurang dari 220 yen atau bahkan 0, semua saldo kalian akan dijadikan 0 tanpa ada biaya tambahan untuk kekurangan, dan kalian tetap akan mendapatkan deposit 500 yen kalian secara utuh.

Kalau misalkan kartu Suica lupa di Refund?

Kalian tidak perlu cemas uang akan cepat hangus, karena kartu Suica baru akan kadaluarsa kalau tidak digunakan dalam 10 TAHUN. Jadi, kalau kalian kembali ke Tokyo dalam jangka waktu itu, kalian dapat menggunakan kartu Suica kembali, dan masa kadaluarsanya juga akan ikut bertambah. Jadi, tidak perlu khawatir uang kalian akan hilang sia-sia.

Begitulah fungsi kartu Suica, sangat bermanfaat bukan? Kalau kalian liburan ke Jepang, kartu Suica ini akan sangat mempermudah kalian. Jadi, tidak ada salahnya dicoba bukan? Well, selamat liburan!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close