People Innovation Excellence

Mengenal Keindahan Fushimi Inari Taisha, Kuil dengan seribu gerbang dewa!

Hello guys! Kembali dengan D’didi. Kali ini kami ingin memperkenalkan sebuah tempat wisata yang wajib banget kalian kunjungi saat berada di Jepang!. Apa sih? Well, Fushimi Inari Taisha, yang terletak di Prefektur Kyoto, Jepang. Jadi bagi kalian yang berkunjung ke Kyoto, jangan lewatkan tempat ini ya!

Kuil Fushimi Inari adalah salah satu kuil yang diperuntuhkan untuk menyembah dewa Jepang, Inari. Jumlah kuil Inari sendiri diperkirahkan mencapai sepertiga dari seluruh kuil yang ada di Jepang. Dewa Inari merupakan Dewa beras dan kemakmuran serta dipercaya memiliki wujud seperti rubah. Di setiap kuil inari pasti terdapat satu atau lebih gerbang berwarna oranye terang dan patung rubah. Patung rubah ini dipercaya sebagai penjaga dan pemberi pesan dari dewa Inari.

Kuil Fushimi Inari ini terletak di kaki gunung yang juga bernama Inari yang memiliki ketinggian 233 meter di atas permukaan laut. Di gunung ini ada jalan setapak yang akan membawa kita menuju puncak, yang mana terdapat banyak kuil-kuil di sepanjang jalan. Jaraknya kurang lebih 4 kilometer, dan kalian akan butuh waktu sekitar 2 jam untuk berjalan menuju puncak. Fushimi Inari Taisha terkenal dengan ribuan gerbang dewa di sepanjang jalan setapaknya. Julukan ribuan gerbang ini bukan hanya nama semata, namun benar-benar ada ribuan gerbang, karena D’didi sendiri sudah pernah ke mari, dan benar jumlah gerbangnya ada ribuan. Bahkan di yakini, jumlahnya sekarang lebih dari 10.000 di gunung Inari saja.

Kalau kalian takut tidak kuat mendaki, tenang, karena ada 17 titik pemberhentian yang bisa kalian gunakan sebagai tempat istirahat dan titik ke-14 adalah puncak dari gunung Inari. Tempat-tempat tersebut juga menjual minuman dan makanan. Tempat peristirahatan itu sendiri terletak di depan kuil-kuil Inari kecil yang terletak di sepanjang jalan. Tapi, yang menjadi masalah adalah, tidak adanya toilet umum begitu kalian mulai mendaki. Jadi pastikan semua aman sebelum mulai mendaki ya guys! Tapi dijamin kalian akan lupa akan toilet, karena di sepanjang jalan kita terhipnotis oleh keindahan jalan dan ribuan gerbang berwarna oranye tersebut. Di beberapa tempat juga kita akan disuguhkan pemandagan indah kota Kyoto dari atas gunung Inari.

Salah satu dari kuil-kuil yang ada di sepanjang jalan, ada satu yang paling menarik, yakni Kuil Suehiro Okami. Mengapa? Karena berbeda dengan yang kuil lainnya yang memakai patung rubah sebagai penjaga, kuil yang satu ini memakai kodok. Kalau kalian melihat dari belakang, kalian akan melihat kodok kecil di atas kodok yang besar. Kemudian, di tengah kuil kalian akan melihat sebuah kotak sumbangan yang bertuliskan “Fuku-Kaeru”, yang mengandung Pun “Kaeru” yang bisa berarti kembali atau kodok. Jadi, Fuku-kaeru berarti Keberuntunganmu kembali atau Kodok keberuntungan.

Akan tetapi, apa yang paling menarik dari Fushimi Inari Taisha ini adalah kisah dibalik tiap gerbangnya. Ternyata gerbang-gerbang ini merupakan sumbangan dari perusahaan atau organisasi yang berdoa agar usaha mereka dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, kalau mau, kalian bisa membeli gerbang tersebut dan memasangnya atas nama kalian sendiri. Harganya memang mahal, namun masih masuk akal yakni, \175.000 untuk yang paling kecil dan \1.302.000 Yen untuk yang paling besar. Karena itulah ada banyak gerbang disini dan akan semakin banyak lagi di masa yang akan datang.

Bagi kalian yang bingung bagaimana menuju ke sana, tenang, karena ada jalur kereta yang menuju ke sana. Kalau naik kereta kalian bisa turun di Inari Stasiun, dengan naik JR Nara Line dari Kyoto stasiun selama 5 menit saja.

Well, bagaimana? Kalian tertarik untuk berkunjung ke Kuil ini? Selamat berlibur!


Published at :
Written By
D'Didi
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close