People Innovation Excellence

Pengen Liburan ke Jepang, tapi tetep butuh internet? Roaming mahal? Ini solusinya!

Hello Minna-san, kembali lagi bersama D’didi! Bersama kita akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan jepang. Kali ini, D’didi ingin berbagi tips bagi kalian yang ingin pergi liburan ke Jepang, tapi tetap ingin terhubung dengan internet. Ada banyak cara yang bisa kalian gunakan, tapi D’didi akan memberikan rekomendasi yang paling praktis, berikut cara-caranya :

  1. Free wifi Network
Free wifi dari Softbank

Ada beberapa aplikasi yang membantu kalian terhubung dengan free wifi di Jepang, seperti Japan Connected-free wifi (NTT), Free wifi passport (Softbank), dan Travel Japan Wifi (Wi2). Hanya dengan mendownload satu dari beberapa aplikasi tersebut yang tersedia di Appstore atau google play store, kalian bisa langsung menikmati free wifi yang tersebar di seluruh jepang. Cukup dengan menggaktifkan pengaturan wifi kalian, kalian akan terhubung otomatis bila ada hotspot di sekitar kalian. Seluruh tempat wisata dan stasiun sudah pasti tercover dengan free wifi mengingat jepang akan menjadi tuan rumah untuk olimpiade 2020, sehingga internet menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh pemerintahan jepang untuk menarik wisatawan. Cara menggunakan free wifi ini cukup mudah dan tentu saja gratis.

Bagi kalian yang lupa menggunakan aplikasi di atas, masih bisa kok menggunakan free wifi yang ada di stasiun-stasiun dan tempat wisata. Tapi tentu tidak bisa langsung terhubung, kalian harus membaca beberapa halaman persetujuan dan memasukkan email kalian. Sedikit lebih rumit memang, namun tetap gratis. Kelemahan free wifi ini adalah tidak tersedia di segala tempat, dan mungkin akan sedikit lambat bila banyak yang menggunakan wifi tersebut.

2. Sim card

Sim card jepang

Bagi kalian yang ingin smartphone atau tablet kalian tetap terhubung dengan internet tanpa menggunakan wifi luar, kalian bisa mencoba membeli Sim card jepang. Ada banyak pilihan paket kartu Sim untuk turis asing dengan berbagai kecepatan dan batas waktu/batas data yang bisa dipakai. Kartu sim ini biasanya dijual di bandara, beberapa retailer di Jepang atau bisa juga via online dan dikirim langsung ke rumah atau hotel. Retailer untuk Sim card di Jepang biasanya ada di toko-toko elektronik.

Bagi kalian yang berminat, pastikan perangkat kalian sudah diunlock untuk dapat menggunakan Sim card asing. Namun pada umumnya, rata-rata smartphone 3G keatas sudah mensupport kartu sim luar. Ya, memang ada beberapa smartphone yang lock terhadap sebuah provider, jadi lebih baik kalian cek terlebih dahulu.

Bila kalian tak berencana tinggal lama, ada baiknya daripada membeli, kalian lebih baik menyewa sim card yang sudah ada paket datanya. Kelebihannya lebih praktis dan cukup murah dan bisa digunakan dimana saja, namun kekurangannya adalah kecepatan dan batas datanya yang terbatas. Tempat untuk menyewa kurang lebih sama dengan tempat untuk membeli.

3. Pocket Wifi Rental

Pocket wifi rental

Ini merupakan cara yang paling praktis, namun juga lumayan mahal. Kalian bisa menyewa Wifi dari Travel-travel untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu saat ke Jepang. Semua settingan sudah diatur oleh pihak travel, jadi kalian Cuma perlu mengaktifkannya begitu berada di Jepang dan voila, internet sudah terhubung dan bisa langsung digunakan. Harga dan jenisnya tergantung dari pihak travel yang menyediakan. Selain dari travel, kalian juga bisa menyewa di bandara langsung begitu tiba di Jepang.

Kelebihannya adalah kalian bisa menggunakannya beramai-ramai. Tentu pilihan yang sangat praktis untuk kalian yang pergi secara kelompok. Sinyal yang kuat dan cangkupan area yang luas serta tidak ada batas pemakaian tentu menjadi kelebihan pocket wifi ini. namun tentu, biasanya batas jangka penggunannya terbatas dan harganya juga cukup mahal.

 

Well, begitulah sekilas info dari D’didi, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin pergi ke Jepang tapi tetap membutuhkan sambungan internet. Selamat liburan!


Published at :
Written By
D'Didi
| Binus
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close