People Innovation Excellence

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN UNTUK MEMILIH MAKANAN YANG HALAL!

Hallo minna-san para pecinta budaya Jepang kali ini D’Didi membawakan kabar gembira untuk kalian para umat muslim yang ingin ke-Jepang. Di artikel ini D’Didi akan memberikan informasi seputar tulisan dalam Jepang apa saja yang harus kalian perhatikan saat membeli makanan di Jepang.

Untuk kalian yang berumat muslim pasti kalian akan bingung dan kesusahan mencari makanan yang halal bila berada di Jepang, karena makanan di Jepang itu rata-rata tidak halal.  Namun jangan kwatir karena D’Didi akan memberitahu kalian tentang beberapa tulisan Jepang yang harus kalian perhatikan untuk memastikan apakah makanan tersebut halal atau tidak.

1.Kanji 豚 Buta (Babi).

Jika kalian membeli makanan sebaiknya dilihat-lihat terlebih dahulu apakah ada tulisan seperti gambar diatas pada kemasan makan yang anda ambil, bila ada tulisan seperti gambar diatas berarti makanan tersebut mengandung babi.

2. Kanji 酒 Sake (minuman beralkohol khas Jepang).

Tulisan ke-dua yang harus kalian perhatikan saat sedang memilih makanan kalian adalah kanji sake karena sake merupakan minuman beralkohol yang berasal dari hasil fermentasi beras, karena sake banyak disukai oleh orang Jepang jadi sake sering digunakan dalam berbagai menu makanan di Jepang.

3. ゼラチン Gelatin (Bahan makanan yang terbuat dari minyak hewan).

Yang ke-tiga yang harus kalian perhatinkan adalah zerachin/gelatin. Gelatin merupakan bahan makanan yang terbuat dari minyak hewan, dan beberapa gelatin terbuat dari minyak babi jadi sebaiknya kalian menghindari makanan yang mengandung gelatin, kalian dapat melihat tulisan gelatin dalam bahasa Jepang pada gambar diatas.

4. 豚脂 raado (Minyak babi).

Untuk yang satu ini pastinya memang sudah tidak halal karena mengandung babi, untuk kalian yang agak susah menghafal 2 kanji tersebut tidak perlu khawatir karena kanji pertamanya merupakan kanji buta/babi jadi intinya kalian sudah tau kalau produk tersebut memiliki bahan yang berhubungan dengan babi.

5. コンソメ Konsome (Kaldu).

Consommé atau kaldu di Jepang juga merupakan salah satu hal yang harus kalian perhatikan karena siapa tahu kaldu tersebut mengandung babi. Biasanya produk-produk makanan berkuah seperti sup mengandung Consommé.

6. アルコール Arukooru (Alkohol).

Kalian harus tahu bahwa di Jepang itu banyak makanan yang diproses pembuatannya dicampur dengan alkohol. Selagi kita membahas alkohol sekalian saja D’Didi beri tahu tentang tulisan minuman beralkohol dalam bahasa Jepang seperti, ビール biiru(Bir),ワイン wain(wine), ブランディ burandei(brendi) dan ウイスキー uisukii (wiski).

7. みりん Mirin (Bumbu makanan Jepang).

 

Mirin memiliki kesamaan dengan sake yaitu sama-sama hasil fermentasi dari beras namun mirin memiliki kadar alkohol yang lebih sedikit dari pada sake. Mirin biasa terdapat dalam makanan seperti sushi dan yang menggunakan saus teriyaki.

8. 動物性マーガリンdoubutsusei maagarin (Margarin yang terbuat dari lemak hewan).

動物性マーガリン bila kalian melihat kanji tersebut berhati-hatilah karena margarin ini terbuat dari minyak hewan dan bisa jadi minyak hewan yang dipakai adalah minyak babi.

Oh iya, menurut informasi yang D’Didi dapatkan dari seorang teman yang berada di Jepang, katanya sih daging ayam dan sapi di Jepang itu tidak halal karena cara pemotongannya yang tidak halal. Semoga informasi yang D’Didi berikat didalam artikel ini dapat membantu kalian ya!

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close