Short Course 2017 – Testimoni Aldyanto Nugrahatama

Ketika saya mengikuti program ini saya mendapatkan banyak pengalaman, dari pengetahuan cara menaiki kereta disana, jalan bersama teman-teman disana, keliling mencari barang yang belum tentu di Indonesia ada,tidur di futon, memakai toilet umum yang hangat sehingga tidak merasa kedinginan, merasakan dinginnya suhu udara di bawah 7 derajat, bahkan sampai pengalaman nyasar disana juga saya dapatkan hehe… (笑).

Saya senang ketika bertemu dengan keluarga home stay disana, mereka ramah baik, menerima saya dengan senang hati, apalagi saya suka dengan masakan dari okaasan di home stay sana, selain itu saya juga mendapat banyak kenangan dari JST ini , pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan tidak akan terlupakan (karena jarang jarang kesana kan hehe(笑)).

Agak sedih sih pas nyari barang yang diinginkan tetapi disana gaada(mungkin belum tersebar luas atau sudah habis) tetapi karena tujuan utama ikut beginian memang untuk study tour jadi tidak terlalu bermasalah, sama satu lagi,Sempet bingung sih pas awal sebelum mau berangkat H-7 blm bikin visa, tapi pada akhirnya visa jadi dan acara tetap sukses sampai kembali ke Indonesia.

Pesan buat teman-teman, kalau tahun depan ada JST (jika budget memungkinkan) ikut aja karna akan ada banyak pengalaman yang akan kalian dapatkan.

Pesan buat JST tahun depan, saya berharap kalau tahun depan ada JSTlagi(dan mungkin saya ikut lagi) saya sih berharap lokasi study tour nya gak ditempat yang sama lagi agar merasakan pengalaman di lokasi lain juga, dan semoga JST tahun depan(kalau ada lagi) lebih lancer dari JST tahun ini.

Pesan terakhir buat siapapun yang mau kesana: “lebih baik menyesal membeli daripada menyesal tidak membeli”

Sekian terima kasih~.