People Innovation Excellence

Do You Know? : Nengajo 年賀状

明けましておめでとうございます。今年はいい年になりますように

Selamat tahun baru 2018 Binusian Sastra Jepang! Semoga di tahun yang baru ini menjadi tahun yang penuh petualangan baru untuk kita semua.

Sesuai dengan semangat tahun baru, hari ini kita mau cari tahu tentang nengajou. Apa itu nengajou? Kita cari tahu yuk.

Pernahkah kalian mendapatkan kartu ucapan selamat tahun baru? Beberapa tahun belakang dengan makin menjamurnya sosial media, orang makin jarang untuk mengirimkan ucapan selamat tahun baru.

Di Jepang, kartu ucapan tahun baru disebut dengan 年賀状(baca nengajou). Kartu seukuran postcard ini bisa kalian beli di kantor pos, maupun convinience store seperti 711, lawson, dan masih banyak tempat lainnya.

 

Kalian bisa memilih dari berbagai macam desain kartu tahun baru. Kalian juga bisa mendapatkan desain kartu tahun baru kalian sendiri dengan membuatnya dan membawa desain tersebut ke kantor pos.

Berbeda dengan kartu pos, nengajo dijual sudah termasuk dengan biaya kirimnya ke seluruh Jepang. Jadi kalau kalian membeli nengajo di Jepang, kalian tidak usah pusing memikirkan masalah perangko, kalian cukup menuliskan alamat lengkap, dan pesan yang ingin kalian sampaikan kepada orang yang kalian tuju. Setelah itu kalian tinggal masukkan ke kotak pos yang tersedia di jalan-jalan.

Sama seperti di kebanyakan negara,di Jepang juga mulai ada orang-orang yang mengirimkan ucapan selamat tahun baru melalui e-mail atau aplikasi smartphone. Namun kantor pos Jepang memiliki sebuah cara unik agar orang-orang tetap antusias untuk mengirim kartu ucapan selamat tahun baru.

Ternyata diadakan undian kartu ucapan selamat tahun baru. Pada kartu ucapan tersebut terdapat deretan angka. Setelah periode pengiriman ucapan selamat tahun baru selesai, kantor pos akan mengundi nomor-nomor tersebut, dan bagi mereka yang beruntung akan mendapatkan hadiah. Nomor-nomor tersebut bisa kalian lihat di masing-masing kartu ucapan tahun baru.

Undian tersebut terbagi ke dalam beberapa kategori hadiah pertama adalah untuk orang-orang yang memiliki 6 angka berurutan yang sama dengan angka undian. Kategori ke dua adalah 4 angka secara berurutan, dan terakhir adalah 2 angka secara berurutan. Untuk pemenang kategori pertama mereka akan mendapatkan uang sebesar 10,000 Yen.

Menarik ya! Kalau kalian ada kesempatan di Jepang coba kalian lihat-lihat koleksi kartu ucapan selamat tahun baru di sana ya!

 

 

 


Published at :
Written By
Daniel Hermawan
SCC | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close