Do You Know? Fukubukuro 福袋

Selain nengajo ada satu lagi “tradisi” pada saat tahun baru di Jepang. Hal itu adalah fukubukuro atau bisa diterjemahkan secara harafiah sebagai kantung keberuntungan.

Toko-toko di Jepang mengawali kegiatan awal tahunnya dengan menjual fukubukuro. Apa itu fukubukuro? Pada intinya toko-toko di Jepang menjaul sebuah kantong dengan harga tertentu. Orang tidak tahu isi dari kantung tersebut, namun biasanya nilai dari barang-barang tersebut,melebihi harga jual dari kantung tersebut.

Untuk toko-toko tertentu orang Jepang bahkan rela untuk mengantri sedari pagi. Seperti ada dalam vlog yang ditampilkan oleh Sharla in Japan, orang-orang sudah mengantri di Pokemon Center Ikebukuro sejak jam 7.30 pagi. Padahal toko sendiri baru akan mulai dibuka pada jam 9. Vlog dapat kalian lihat di bawah ini.

Saya sendiri pada awal tahun 2017, berkesempatan untuk melihat toko-toko di daerah Nagoya dan mendapatkan adanya antrian-antrian di beberapa toko. Hal ini memperlihatkan antusias pelanggan untuk mendapatkan fukubukuro yang jumlahnya biasanya terbatas di tiap-tiap toko.

Bagaimana tertarik untuk membeli fukubukuro? Siap-siap ya tahun depan, supaya bisa mendapatkan fukubukuro yang menarik.