Do You Know? 青春18歳切符 Seishun 118 sai Kippu! Traveling Murah di Jepang!

Banyak orang yang ingin pergi ke Jepang namun ragu-ragu karena biaya di Jepang yang terkenal sangat mahal. Apalagi jika kita ingin berkeliling ke seluruh Jepang. Namun sebenarnya ada cara yang lebih murah untuk traveling di Jepang menggunakan kereta.

JR Seishun 19 sai Kippu. Sebuah tiket kereta di Jepang yang dapat kamu pakai sepuasnya untuk berkeliling di Jepang. Tiket seharga 11rb yen Ketika dibeli tiket ini memiliki 5 slot tiket. 1 slot tiket dapat dipakai oleh 1 orang selama 1 hari untuk berkeliling Jepang menggunakan kereta JR.

 Untuk menggunakan tiket ini kita tidak bisa masuk melalui gerbang otomatis. Jadi lewat mana donk? Di sebelah gerbang otomatis tersebut selalu ada penjaga, nah kita tinggal mendekati penjaga tersebut dan tunjukan kepada si penjaga untuk mendapatkan cap.

Cap tersebut memperlihatkan tanggal kita memakai cap tersebut, dan kita dapat menggunakan tiket tersebut  Jadi selama tanggal yang tertera di dalam cap belum lewat, kita dapat menggunakan fasilitas kereta JR sepuasnya sepanjang hari tersebut.

Namun ada satu kelemahan dari tiket tersebut. Karena kita hanya dapat menggunakan kereta lokal, Contoh untuk perjalanan dari Osaka ke Hiroshima, saya harus berpindah-pindah sebanyak 5 kali selama 6 jam 30 menit perjalanan. Itu pun ditambah dengan tidak ada jaminan kita akan mendapatkan tempat duduk. Akan sangat tergantung dengan kondisi kereta yang kita naiki.

Jadi kalau kalian ingin menggunakan tiket ini pastikan untuk mengatur dengan sangat teliti, kereta apa, jam berapa dia akan tiba, dan harus transit di mana. Jika tidak kalian akan banyak membuang waktu untuk mencari kereta yang harus kalian naiki.

Cukup melelahkan memang. Tapi kalau kita cukup punya waktu luang dan ingin berjalan-jalan dengan budget yang murah, maka Seishun 19 Kippu bisa menjadi pilihan kita dalam melakukan traveling di Jepang.

Sampai ketemu di tips traveling berikutnya ya!