People Innovation Excellence

Market Makanan Halal di Jepang

Makanan di Jepang telah mengalami perubahan rasa, bentuk, penyajian, bumbu, cara masak, cara makan, dan sebagainya sejak restorasi Meiji. Ada beberapa makanan dari barat yang sudah dianggap biasa pada masa kini, seperti hamburger, pizza, spaghetti, steak, dan sebagainya. Namun sejak tahun 2015, ada satu budaya makanan baru yang datang dari negeri Timur Tengah atau budaya agama Islam yakni Halal Food. Beberapa orang Jepang mencoba makan makanan halal karena suatu budaya makan baru, alasan kesehatan, murah, dan sebagainya. Beberapa orang Jepang telah merasakan manfaat halal food ini menjadi pilihan makanan sehari-hari karena disajikan dengan konsep najis yang ternyata mendekati dengan konsep omotenashi. Konsep omotenashi terhadap halal food ini juga sebagian mengacu pada acara Olimpiade yang akan digelar 2020 di Jepang. Harapan dari orang Jepang untuk mengembangkan halal food ini agar orang yang beragama Islam juga dapat menikmati makanan dengan aman saat berkunjung di Jepang. Tujuan dari penelitian ini meneliti budaya omotenashi terhadap halal food di Jepang adalah untuk menganalisa 2 budaya yang berbeda untuk mencari kesamaan konsep dalam budaya makan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif analistis. Teori dan konsep omotenashi yang akan digunakan yakni dari Hidekazu Iwamoto, Kensuke Takahashi, Hirofumi Tachibana, dan sebagainya. Kesimpulan dari penelitian ini akan menghasilkan sebuah gambaran budaya omotenashi terhadap halal food di Jepang makanan baru yang sehat, murah, dan dapat menciptakan persahabatan antara budaya Islam dengan budaya Jepang.

Kata Kunci : omotenashi, fast food Jepang, kepuasan dan kepercayaan

Abstrak ini merupakan hasil penelitian dari Roberto Masami Prabowo, S.S, M.Si yang telah dipresentasikan di Association of Asian Studies Conference di Washington DC, Amerika Serikat pada tanggal 25 Maret 2018


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close