People Innovation Excellence

Sukses Berbisnis dengan Orang Jepang : Harus Tahu Etika?

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas bahwa salah satu kunci awal untuk dapat berhasil membangun bisnis dengan orang Jepang adalah mengenai kepercayaan atau trust. Nah, bagaimana kita dapat mendapatkan kepercayaan dari orang Jepang? Sebagai pemula yang ingin memulai bisnis dengan orang Jepang, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pemahaman mengenai etika bisnis ala Jepang. Di artikel ini kita akan membahas salah satu etika bisnis Jepang yaitu masalah etika berkunjung. Apa sih yang harus kita lakukan ketika ingin melakukan kunjungan bisnis? Ya, jangan lupa membuat janji sebelum berkunjung. Mungkin membuat janji merupakan hal yang sepele atau bahkan sering terlupakan oleh kita. Namun, memastikan bahwa orang yang ingin kita kunjungi dapat meluangkan waktu untuk kita dianggap sebagai salah satu hal krusial yang tidak boleh dilupakan. Bagaimana caranya membuat janji? Tentu kita dapat melakukan korespondensi melalui 2 (dua) cara yaitu melalui email atau melalui telepon. Jangan lupa, utarakan nama, asal perusahaan, kapan anda ingin bertemu dan kira-kira apa yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Kemudian berikan opsi juga pilihan waktu sehingga pihak yang akan kita kunjungi memiliki beberapa pilihan waktu yang dapat disesuaikan juga dengan kesibukan mereka. Nah, mulai sekarang jangan lupa bikin janji sebelum berkunjung ya!

Sumber:

https://www.elsiproject.eu/fileadmin/user_upload/Japan_Business_Culture_Field_Report_RLN_East__REPORT_.pdf

 


Published at :
Written By
Elisa Carolina Marion, S.S, M.Si
Dean of Faculty of Humanities | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close