People Innovation Excellence

Study Abroad Experience : Sandy Saputra

1.Perkenalkan diri kalian sedikit! (Nama, Binusian berapa, Kemarin kalian mengambil Study Abroad di mana?)
– Nama saya Sandy saputra, binusian 2019, dan pada semester 6 saya memilih program study abroad di Universitas Kanazawa Seiryo selama 1 semester

  1. Bagaimana pengalaman kalian selama di sana? (Belajar apa saja, dosen yang menarik, atau tempat yang menarik di kampus sana?)
    – merasakan langsung bagaimana hidup di Jepang (bukan jalan-jalan) dalam kurun waktu 5 bulan merupakan pengalaman yang unik. Saya bisa bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai negara dan latar kebudayaan yang berbeda-beda, serta belajar mengenai kebudayaan lokal kota.

Karena saya memilih course kelas yang sama dengan mahasiswa Jepang pada umumnya, saya pun mengikuti kelas layaknya seperti mahasiswa Jepang, sehingga dosen-dosen pun tidak membedakan metode pengajarannya hanya karena saya seorang mahasiswa asing. dosen-dosen yang ada di kampus sangatlah antusias dalam membantu mahasiswa yang memiliki pertanyaan, dan juga sangat tertarik terhadap budaya ­­­­­­Indonesia

Menurut saya, tempat yang paling menarik di kota Kanazawa adalah taman Kenrokuen. Diakui sebagai salah satu dari tiga taman yang paling terkenal di Jepang. Pemandangan dalam taman berubah seiring dengan berubahnya musim. Waktu yang paling di nanti-nanti tentu musim semi dan gugur. Diluar pintu masuk kenrokuen terkadang diadakan bazaar dimana terdapat banyak booth-booth makanan atau jajanan khas Jepang dengan harga yang terjangkau. Untuk para pelajar yang memiliki sebuah pass yang disebut “GAKU PASS” dapat memasuki kenrokuen secara gratis pada hari sabtu dan minggu.

3.Pengalaman menarik apa yang kalian jalani selama di sana? (Makanan paling enak, tempat yang paling sering kalian kunjungi)
ada banyak sekali pengalaman menarik saat saya tinggal di Jepang, salah satunya adalah pergi ke Batting center dan pada saat saya menjalani part-time saya di sebuah restoran Sushi, dan tentunya makanan paling enak adalah salah satu menu di restoran saya bekerja yaitu “nodoguro donburi”, nodoguro ada ikan paling khas di kota Kanazawa. .

  1. Pesan kalian untuk Binusian yang kalian punya untuk Binusian yang akan berangkat di tahun

– terkadang suka ada yang menanyakan, kira-kira sekolah dan tinggal di Jepang itu asik apa membosankan sih? Bahasa Jepangnya akan tambah jago gak ya? Atau nanti bakal dapat banyak teman orang Jepang gak ya? Dan masih banyak lagi, menurut saya semua itu tentu tergantung pada kalian, kalau kalian mau punya banyak teman dan pangalaman asik ya tentu harus berani untuk bersosialisasi dengan orang Jepang, dan juga memiliki pikirian yang terbuka atau “open-minded”, jangan karena mereka memiliki kebiasaan atau adat yang berbeda dengan kita dianggap sebagai hal yang negatif, dan jika ingin semakin mahir bicara dengan bahasa Jepang ya sudah pasti harus berani untuk ngomong dengan orang-orang Jepang yang ada disana, saling bertukar budaya. Ingat, bersosialisasi juga tidak kalah penting dengan belajar, harus di seimbangi ratio nya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close