People Innovation Excellence

Mengenal Dunia Musik Rap Jepang Bersama Hypnosis Mic

Teman-teman! Kalian pasti pernah mendengar tentang musik hip hop bukan?

Musik hip hop ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1970an. Pada awalnya, musik hip hop melibatkan teknik rap. Teknik rap itu adalah teknik berbicara biasanya dengan cepat dengan bunyi kata-kata yang ritmis (tidak bernada/berubah-ubah). Nah teknik itu kemudian berkembang sebagai bagian dari hip hop.

Ternyata bukan hanya di negara bagian barat saja musik rap populer lho teman-teman, di Asia pun seperti di Jepang, peminat musik rap ini terus bertambah.

Ada salah satu cabang perusahaan rekaman King Records di Jepang yaitu Evil Line Records meluncurkan sebuah projek musik rap dan CD berseri yang dibawakan oleh 12 seiyuu populer dengan 12 karakter uniknya.

Projek yang sudah dimulai sejak 2 September 2017 ini diberi nama “Hypnosis Mic” atau fans di Jepang biasa menyebutnya sebagai ヒプマイ(hypmic). Untuk teman-teman pecinta animasi Jepang mungkin kalian sudah ada yang pernah mendengarnya?

Official Website : https://hypnosismic.com/

Cerita dasar Hypmic pertama kali diperkenalkan lewat akun youtube official mereka.

Hypmic menceritakan keadaan dimana pemerintahan di dunia sedang dikuasai oleh wanita, pembuatan dan penggunaan senjata sangatlah dilarang. Bukan berarti perang sudah berakhir, melainkan penggunaan senjata, perang dikobarkan melalui kata-kata. Dengan kekuatan “Hypnosis Mic”, lirik dapat mempengaruhi lawan dengan berbagai macam cara sampai menyebabkan kerusakan yang nyata. Orang-orang yang berada diluar divisi selain di distrik Kota Chuo yang khusus untuk wanita, menggunakan lagu rap yang dahsyat sebagai senjata mereka untuk terus menerus beradu mengambil wilayah orang lain.

Hypmic membawa para penggemarnya lebih dalam ke dunia visual dan vokal dengan video-video yang diunggah melalui channel official youtube mereka dan CD singles yang dikeluarkan.

Perpaduan musik rap yang menggelegar ditambah 12 karakter yang mempesona serta 12 seiyuu bertalenta, membuat Hypmic memberikan sensasi yang berbeda dan ramai dibicarakan.

Hypmic membagi karakternya ke dalam 4 divisi. Tiap divisi besertakan 3 karakter dalam kelompoknya.

– “Buster Bros!!” mewakili Ikebukuro

Ichiro Yamada (CV. Subaru Kimura), Jiro Yamada (CV. Haruki Ishiya), dan Saburo Yamada (CV. Kouhei Amasaki)

– “MAD TRIGGER CREW” mewakili Yokohama

Samatoki Aohitsugi (CV. Shintaro Asanuma), Jyuto Iruka (CV. Wataru Komada), dan Rio Mason Busujima (CV. Shinichiro Kamio)

– “Fling Posse” mewakili Shibuya

Ramuda Amemura (CV. Yusuke Shirai), Gentaro Yumeno (CV. Souma Saito), dan Dice Arisugawa (CV. Yukihiro Nosuyama)

– “麻天狼(Matenrou)” mewakili Shinjuku

Jakurai Jinguji (CV. Shou Hayami), Hifumi Izanami (CV. Ryuichi Kijima), dan Doppo Kannonzaka (CV. Kento Ito)

Kemudian orang-orang semakin tertarik, ketika Hypmic mengadakan projek Rap Battle dengan merekrut lirik dari pemirsa dengan mengadakan siaran langsung di channel video Jepang yaitu Niconico Douga. Karya yang terpilih diadopsi ke dalam program dan juga diumumkan melalui twitter official mereka (https://twitter.com/hypnosismic).

Pada awal debutnya di tahun 2017, Hypmic terlebih dahulu memproduksi CD single untuk masing-masing divisi untuk memperkenalkan seperti apa ciri khas 4 grup yang ada di dalamnya. Mereka juga mempromosikannya di AGF(Anime Girls Festival) 2017 dengan menghadirkan para seiyuu Hypmicnya sendiri.

Di tahun 2018, Hypmic mengumumkan akan diadakannya “Battle Season”. Battle Season disini merupakan rap battle antar 4 divisi dimana fans dapat berpatisipasi dalam voting untuk mendukung grup yang mereka suka agar menjadi juara.

Voting ini diadakan di website official Hypmic

(http://hypnosismic-battle.com/)

Dengan membeli CD dan merchandise, fans dapat berpatisipasi dalam voting dengan memasukkan kode angka yang didapatkan.

Kode angka dari CD hanya dapat digunakan untuk mendukung salah satu dari 2 grup yang tampak pada cover CD.

Sedangkan kode angka dari official merchandise dapat digunakan untuk mendukung salah satu dari 4 grup yang ada.

Strategi ini jugalah yang membuat fans berlomba-lomba untuk membeli CD dan official merchandisenya. Penjualan CD Hypmic pun mampu menduduki tangga di Oricon sebagai peringkat pertama.

Daya tarik Hypmic membuat popularitasnya semakin meluas sehingga projek musik rap ini juga semakin dikenal oleh orang-orang yang berada diluar Jepang. Dengan fandomnya yang semakin membesar, Hymic mampu mengadakan berbagai event, seperti konser selama 3 hari di Zepp Diver City (Tokyo) pada 17 November kemarin.

Berkat antusias fans yang sangat besar. Evil Line Records, perusahaan yang menangani projek Hypmic mengadakan kolaborasi denganオトメイト(otomate) untuk membuat Hypmic sebagai rhythm game dan game in direncanakan akan diliris pada tahun 2019 mendatang

Wah Hypmic semakin sukses saja ya!

Bagaimana dengan kalian, teman-teman?

Jika kamu tertarik untuk mengenal lebih dalam seperti apa musik rap Jepang, kamu bisa mencoba untuk mengikuti perkembangan Hypnosis Mic ini.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close