People Innovation Excellence

Shiratani Unsuikyo, Petualangan di Pulau Fantasi

Source: Kotaku

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alammya, dalam skala internasional pun, Indonesia salah satu opsi bagi para pecinta alam!

Bagi yang suka wisata outdoor, tentunya kalian familiar dengan Gunung Bromo, Raja Ampat, Pulau Lombok, dan banyak lainnya!

Jepang cukup identik dengan kemajuan teknologi dan pop cuturenya. Mungkin yang muncul di benak kalian pada saat memikirkan Jepang, antara kota metropolitan yang canggih, atau gedung pencakar langit. Namun, Jepang juga turut menawarkan aspek naturalnya di berbagai tempat.

Nah, bagi yang bingung kalau jalan-jalan di Jepang. Terutama bagi yang mencari wisata alam menarik, kalian berada di tempat yang benar. Karena kali ini kita akan membahas tentang Shiratani Unsuikyo, tempat dimana hutan layaknya dunia fantasi berada. Bagi yang suka pemandangan rimbun dan hijau, diselimuti pepohonan sejauh mata memandang, maka, tempat yang satu ini mungkin akan menarik minat kalian!

Sebelum kita menggali lebih jauh, Yakushima sendiri merupakan pulau kecil yang terletak di bagian paling selatan Jepang. Tepatnya di selatan pulau Kyushu, dan merupakan bagian dari prefektur Kagoshima.

“Kenapa featured imagenya ada gambar Mononoke-Hime? Apakah ada kaitannya?”

Nah, selain dari penggemar wisata alam sendiri, penggemar Studio Ghibli, terutama movie Mononoke-Hime (Princess Mononoke), mungkin bakalan ikut tertarik nih. Karena latar background dalam film itu terinspirasi dari sini juga, dan sebenarnya ada 1 series lagi yang terinspirasi dari tempat ini, namun, sayangnya, popularitasnya tidak melampaui masterpiece karya Hayao Miyazaki. Mungkin bagi yang hobi gaming akan familiar dengan nama berikut ini.

Metal Gear Series, atau tepatnya “Metal Gear Solid 3: Snake Eater” memiliki latar tempat yang cukup serupa dengan hutan fantasi yang satu ini, menurut interview, Hideo Kojima, salah satu director dari game ini menyatakan bahwa latar tempatnya terinspirasi dari Shiratani Unsuikyo. Jadi, bagi penggemar series Metal Gear Solid, mungkin akan tertarik mengunjungi tempat yang satu ini!

Sekarang, mari kita telusuri lebih lanjut!

Lembah Shiratani Unsuikyo ini merupakan tempat kunjungan favorit turis yang mampir ke Yakushima. Terutama penggemar Studio Ghibli. Bagi yang pernah menonton film Mononoke-Hime, mungkin akan sedikit familiar dengan tatanan hutan ini. Suasananya antik, pepohonannya tinggi, dan lumut yang menyelimuti tanah lapang sekitar.

Disini, kalian dapat menemukan atraksi seperti:

Source: Kotaku

1. Mononoke Hime no Mori

Setelah memasuki rute hikingnya, dekat dari sana, kita akan disambut oleh bagian hutan yang menjadi inspirasi utama dari hutan dalam Mononoke Hime, yakni “Hutan Putri Mononoke”, ditandai oleh sebatang papan kayu. Hutan layaknya dunia fantasi ini akan memuaskan mata anda.

Source: Flickr

2.Yayoi Sugi

Yayoi Sugi merupakan pohon yang berusia  kurang lebih sekitar 3000 tahun. Perjalanan disini cukup ramah bagi orang yang baru menjelajah di ranah hiking. Fauna yang dapat kalian simak disini tidak lain adalah monyet dan rusa.

Source: Yes Yakushima

3. Jomon Sugi

Jika kalian ingin ke Jomon Sugi melalui Shiratani Unsuikyo, maka kalian butuh stamina yang cukup besar, karena perjalanannya jauh dan sulit.

Jomon Sugi sendiri merupakan pohon yang berusia sangat tua, para ilmuwan berestimasi pohon ini sudah ada sejak 2000-7000an tahun yang lalu. Pohon ini tingginya sekitar 25 meter, diameternya kurang lebih 5 meter. Selain dari itu, UNESCO juga sudah menetapkan tempat ini sebagai harta kekayaan dunia.

Jika kalian mampir ke Jepang, Kagoshima mungkin dapat menjadi tempat tujuan kunjungan kalian. Disana, kalian dapat menikmati satu aspek dari Jepang yang tidak bisa dinikmati di tempat lain!

Source : Matcha.jp, Japan Guide, Yakushima Life, Kotaku, Yes Yakushima.

 


Published at :
Written By
Andreas
Student | Sastra Jepang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close