People Innovation Excellence

Inovasi baru dari Taito, Bermain Crane Game via Smartphone Secara Online

Source: Kotaku

Taito, apabila kalian sering menghabiskan waktu kalian di Arcade, mungkin nama ini akan terdengar cukup familiar. Taito merupakan salah satu developer dan publisher game asal Jepang. Selain dari arcade game sendiri, mereka juga cukup bergelut dalam pembuatan game smartphone dan juga home console.

Taito memiliki pengaruh yang besar, bahkan, dapat disebut sebagai promotor dalam kemajuan Video game secara masal. Space Invaders, salah satu karya Taito yang membawa popularitas game ke ranah internasional, dan salah satu pemicu terjadinya jaman emas dalam video game.

Namun semua tidak berakhir disini. Taito masih belum berhenti berinovasi.

Sepanjang kehidupan kita sampai sekarang ini, tentunya kita pernah melihat atau memainkan crane game. Bagi yang belum mengetahui, crane game biasanya dapat kita temui di arcade, dimana nanti terdapat cakar diatas, dan setumpukan souvenir dibawahnya (biasanya boneka). Pemain nantinya akan menggunakan cakar untuk mencengkram salah satu dari banyaknya tumpukan hadiah dibawah. Apabila berhasil, maka pemain akan mendapatkan hadiahnya.

Meski crane game sudah relatif lama, namun, sampai sekarang ini, tidak jarang ada pemain yang menguji kemampuannya (atau keberuntangan) untuk mendapatkan hadiah, bahkan permainan ini masih bisa dibilang cukup populer, melihat jumlah mesinnya di arcade sekarang ini.

Taito menciptakan sebuah aplikasi untuk memainkan game ini di smartphone, namun, mungkin kita bertanya-tanya, apa yang menjadi faktor pembeda antara game ini dengan simulasi crane game lainnya?

Source: Japan Trends

Mulai pada musim gugur tahun lalu, di Jepang. Pemain bisa mencoba mendapatkan hadiah dan souvenirnya melalui smartphone. Bukan hanya sekadar simulasi saja. Dengan menggunakan aplikasinya, pemain dapat mengakses server Taito secara langsung, dan melakukan stream video secara real time, nah, dari sana, kita dapat mengendalikan mesin cranenya, atau sebagai alternatif, kita juga dapat mengakses websitenya untuk menggunakan jasa game ini. Jadi, selama anda memiliki hardware yang dapat mengakses browser, kalian dapat memainkan game ini.

Asumsikan kita berhasil, bagaimana cara kita mendapat hadiahnya?

Hadiah yang kita menangkan via aplikasi atau website akan langsung dikirim ke alamat rumah kita secara otomatis, tanpa pungutin biaya antar. Game ini juga dapat dimainkan 365 hari selama setahun, dan 24 jam dalam sehari. Jadi, aksesibilitas dari segi waktunya sangatlah fleksibel. Selain dari itu, apabila kita log-in kedalam service ini, kita bisa mendapatkan mata uang digital dan tiket untuk memainkan gamenya.

Namun, ada kalanya inovasi ini menghilangkan esensi dari Arcade game sendiri. Salah satu daya Tarik utama crane game cukup tergantung terhadap antisipasinya. Satu moment dimana kita mempertanyakan, apakah kita akan berhasil atau tidak, sembari melihat cakarnya mencengkram dan membawa hadiahnya didepan mata kita sendiri.

Arcade game secara tidak langsung mendukung terjadinya komunitas offline, dimana orang yang ingin berkumpul bersama teman, atau memiliki hobi yang sama, dapat menjalin waktunya bersama dalam ruang lingkup yang lebih dekat.

Mungkin ada beberapa dari antara kita yang pernah menikmati crane game bersama dengan teman, bersama-sama merasakan tegangnya moment game sambil mendukung si pemain.

Data statistika game ini sayangnya tidak dapat ditemukan. Jadi, untuk sementara ini, sulit untuk membandingkan popularitas crane game online ini, dengan versi offline-playnya.

 

Source: Kotaku, Japan Trends, Kotakgame


Published at :
Written By
Andreas
Student | Sastra Jepang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close