Jaket perpaduan tradisional dan modern Jepang siap dijual

Baru baru ini Jepang digemparkan dengan keluarnya pakaian- pakaian yang menggabungkan nuansa tradisional dan modern, beberapa diantaranya mengambil desain- desain tradisional seperti Hanten, hanten sendiri adalah jaket yang biasa dipakai oleh Orang Jepang di era Edo abad ke 18 ketika musim dingin tiba, karena desain jaket yang tebal, membuat orang Jepang tidak kedinginan ketika dingin menyerang.

Source : Kickstarter

Pakaian-pakaian ini sedang marak dikeluarkan oleh perusahaan- perusahaan pakaian di Jepang  menjelang musim dingin di Jepang, dan sukses di kalangan fashion Jepang yang saat ini sedang mencoba menghidupkan desain-desain jaman dahulu dengan memakai desain jaman modern

Kali ini ada sebuah brand baru bernama Kuden yang sedang menjadi perhatian publik di Jepang. Takahiro Sato selaku pemilik dan desainer Kuden baru-baru ini mengeluarkan desain Samurai Mode Series, saat ditanya inspirasi pembuatan desain pakaian ini datang ketika Sato sedang membereskan barang peninggalan mendiang ibunya di rumah

Dia menemukan kimono ibunya dan haori yang pernah digunakannya ketika masih kecil.ketika itu muncul pemikiran untuk menggunakan pakaian-pakaian tradisional tersebut. Kimono sendiri adalah pakaian tradisional Jepang yang sudah ada sejak Jaman Heian yang diinfluensi oleh fashion dari negara Tiongkok.

Kala itu kimono sendiri  sekarang banyak dipakai wanita ketika menghadiri acara tradisional maupun formal, dan ketika menikah ala adat Jepang, sedangkan haori adalah pakaian tradisional Jepang yang biasa dipakai oleh para tantara sebelum menggunakan baju zirah di jaman Sengoku yang sekarang digunakan oleh para pria.

Ide untuk  mereboot pakaian-pakaian ini memunculkan pakaian-pakaian tradisional ala modern dari Kuden, Kuden berharap, dengan adanya pakaian-pakaian ini, masyarakat bisa merasakan semangat “bushido” di pakaian sehari-hari mereka.

Bushido ini sendiri identik dengan nilai etik para tantara Jepang pada masa feodalisme atau yang biasa kita sebut sebagai samurai. Dan dari dulu masyarakat Jepang memegang teguh nilai etik tersebut, sehingga dengan adanya pakaian ini, masyarakat bisa membangkitkan nilai etik yang sudah ada dari zaman dahulu dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Untuk series baru tersebut, Takahiro Sato mencoba menggunakan website kickstarter, website yang biasa digunakan oleh para kreator untuk mencoba mengumpulkan dana dari investor yang tertarik terhadap barang kreasinya, Takahiro menggalang dana untuk memproduksi Samurai Mode Jacket yang akan ia keluarkan.

Source : Japantoday

Jaket bertema kimono ini datang dengan detail yang tersembunyi nan indah, jaket ini menggunakan teknologi miyatsu guchi (bagian yang sedikit terbuka pada lengan guna mempercantik kimono ) untuk mempercantik bagian di lengan jaket tersebut.

Tidak seperti kimono tradisional biasanya, jaket ini dilengkapi 3 saku tersembunyi di bagian dalam jaket untuk menyimpan berbagai barang – barang seperti smartphone, kartu bisnis, dan lain – lainnya

Jaket ini juga dilengkapi chi berukuran kecil, chi ini biasa digunakan dalam baju haori tradisional untuk mengaitkan tali kecil guna untuk mengancing baju tersebut.

Ini berarti kostumer mempunyai opsi untuk mengkostumisasi jaket yang di pesan sesuai dengan kemauan para kostumer, dan juga kostumer bisa menambah berbagai aksesoris tambahan.

Jaket kimono ini datang dengan desain warna hitam atau warna coklat muda dan juga bisa dipakai oleh pria ataupun wanita, jaket ini bisa dipakai di acara formal maupun dipakai dengan gaya kasual.

Selain itu kampanya kickstarter yang sudah dimulai untuk memproduksi jaket kimono ini sangat popular dan diterima oleh masyarakat Jepang, sehingga berhasil meraup 411.684 yen, melebih rencana awalnya yaitu 100.000 yen.

Tentunya kabar baik ini juga mencangkup desain- desain yang akan dikeluarkan Kuden seperti

Source : Japantoday

Samurai Mode shirt

Source : Soranews24

Dan juga Samurai Mode Pants

Semua desain ini dibuat langsung di pabrik garmen di prefektur Tochigi , yang berhasil mendapat penghargaan dari pemerintah Jepang karena telah mempekerjakan para pekerja senior, dan juga pekerja yang mempunyai disabilitas.

Harga yang diberi Kuden merefleksikan dedikasi perusahaan terhadap kualitas, dengan Jaket kimono ini mendapatkan diskon 50 persen menjadi 23.760 yen.

Takahiro sato berharap pakaian-pakaian ini dibuat untuk bertahan selama kurang lebih 1 dekade, sama seperti peninggalan kimono kesayangan ibunya.

Source : Soranews24.com , mag.japaaan.com

Peter Handaya