People Innovation Excellence

Kembali ke masa lalu dengan berkunjung ke Kurashiki

Kali ini, saya ingin membicarakan prefektur Okayama, salah satu prefektur Jepang yang mempunyai kota-kota yang terkenal sebagai pusat wisata bagi para turis asing yang ingin pergi ke Jepang, yang akan saya bahas pertama-tama adalah Kota Kurashiki.

Muza-chan

Kurashiki, salah satu kota perdagangan yang penting di tahun 1600 sampai 1868. Kota ini sangat terkenal karena pemerintahan Jepang atau yang dikenal bakufu 幕府mengontrol langsung jalannya kota tersebut, walaupun Kurashiki terletak sejauh 700 km dari ibu kota Jepang.

Muza-chan

Kurashiki sendiri terletak di bagian barat prefektur Okayama, dekat dengan ibu kota Okayama, lalu disebelah Kurashiki ada sungai Takahashi yang mengarah ke laut, Kurashiki juga dikenal sebagai salah satu kota Industri terbesar di wilayah Jepang bagian barat.

Kurashiki sekarang terbagi menjadi 2 bagian , bagian pertama adalah kota modern Kurashiki, lalu bagian ke 2 nya adalah kawasan Bikan, salah satu tempat saksi sejarah kehidupan kota di jaman Edo dan Meiji, yang akan kita bicarakan adalah kawasan bikan.

Kawasan Bikan adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi turis mancanegara maupun dalam negeri ketika jalan- jalan ke kota Kurashiki, karena Kawasan Bikan masih menjaga tempat-tempat bersejarah di jaman Edo seperti toko, pergudangan, dan rumah. Sehingga ketika kita datang ke Kawasan Bikan, kita seperti masuk ke dunia masa lalu dimana semua masih terasa ketika di jaman Edo.

Di Kawasan Bikan, ada area historik Bikan , area ini tentunya menjadi simbol wisata Kawasan Bikan, karena area ini masih dipenuhi oleh bangunan – bangunan bersejarah yang masih terlihat seperti 200 sampai 300 tahun sebelumnya. Area ini juga dipilih sebagai area yang wajib untuk diabadikan, karena banyak wisatawan yang berfoto-foto di area ini.

Area ini dulunya dipakai sebagai tempat tinggal para pedagang yang menetap di kota Kurashiki, lalu sekitar 300 tahun yang lalu pemerintahan Jepang membangun kantor sipil, dan juga menyulap area ini menjadi area perdagangan yang terkenal.

Seperti yang sudah dibilang, banyak bangunan- bangunan yang dirawat dan masih digunakan sampai sekarang, dan uniknya lagi, stasiun kereta di area ini diwarnai dengan warna yang sama dengan warna tembok Gedung-gedung original di area ini. Selain itu area ini dipenuhi dengan berbagai museum -museum seperti museum arkeologi, seni, dan rakyat.

en.japantravel.com

Selain Kawasan Bikan, tempat yang sering para wisatawan kunjungi adalah kanal Kurashiki. Kanal Kurashiki terletak di pusat kota Kurashiki, 17 kilometer dari stasiun Okayama. Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada di Kanal Kurashiki adalah dengan menaiki perahu tradisional yang mengarungi keindahan kanal Kurashiki.

wanderluststorytellers.com

Anda juga bisa melihat indahnya rumah-rumah dan toko-toko jaman dahulu yang masih dirawat, kalau anda beruntung, anda dapat menyaksikan angsa putih yang sedang berenang di kanal tersebut.

Untuk menaiki perahu ini, anda harus merogoh kocek sebesar 500 yen untuk orang Dewasa, dan 250 yen untuk Anak-anak

Selain wisata kanal, anda juga bisa mengunjungi salah satu cat café yang ada di kota Kurashiki, kucing di kafe ini dirawat dengan baik sehingga anda tidak perlu khawatir terhadap kebersihan kucing-kucing tersebut, selain itu anda bisa bermanja dan berelaksasi sambil ditemani kucing-kucing di café ini

Dan juga anda harus berhati-hati jika mengunjungi Kurashiki, karena tempat wisata ini populer, banyak pengunjung yang ingin melihat keindahan kota Kurashiki, sehingga tempat-tempat wisata disini akan ramai sekali dipadati oleh pengunjung.

Namun anda jangan berkecil hati,karena semua museum tutup pada hari senin,  anda dapat berbelanja dan menelusuri kanal Kurashiki dengan perahu tradisional tanpa dipadati oleh pengunjung yang ingin mengunjungi museum-museum di Kurashiki.

Jadi tunggu apa lagi, ayo segera datang ke Kurashiki!

source : ryokan-kurashiki.jp , city.kurashiki.okayama.jp


Published at :
Written By
Peter Handaya
Student | Sastra Jepang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close