People Innovation Excellence

Setouchi, Melihat keindahan Laut yang diapit oleh 3 pulau Besar Jepang

Kali ini kita akan melihat keindahan-keindahan dari salah satu kota di Okayama, yaitu Setouchi. Setouchi adalah kota yang mempunyai banyak peninggalan bersejarah dari dulu sampai sekarang, seperti pelabuhan yang dipakai untuk mengirim delegasi, sampai museum pembuat pedang dari abad ke-12

japanican.com

Setouchi adalah kota yang terletak di bagian selatan prefektur Okayama, kota ini adalah hasil dari penggabungan ke 3 kota yang berbeda, yaitu kota Oku, kota Osafune, dan kota Ushimado, semua dari distrik Oku, kota ini diresmikan dan ditemukan pada 1 November 2004.

Nama Setouchi sendiri diambil dari Setonaikai 瀬戸内海 yang artinya laut dalam Seto, karena letak kota Setouchi ini sangat unik karena kota ini terletak di sebelah lautan yang memisahkan Honshu, Shikoku, dan Kyushu, 3 dari 4 pulau terbesar di Jepang dan terlihat seperti danau yang besar, sehingga dinamakan laut dalam Seto.

japantravel

Selain perikanan, penghasilan utama Setouchi adalah pertanian dan juga sebagai tempat wisata terkenal. Salah satu area wisata terkenal di Setouchi adalah Ushimado.

Ushimado terkenal sebagai tempat penginapan yang berhadapan langsung dengan laut dalam Seto, sehingga para turis maupun masyarakat lokal yang sedang berlibur,pasti menginap di Ushimado.

Pada saat jaman Edo tahun 1630 sampai 1868, Ushimado menjadi kota pembuat perahu, pengunjung yang datang bisa menikmati jalan-jalan di Ushimado dan melihat keindahan bangunan-bangunan pelabuhan yang masih dirawat dari Jaman Edo tersebut.

Selain itu Kota Ushimado juga dikenal sebagai pelabuhan dimana delegasi dari Korea datang untuk mengunjungi pemerintahan Tokugawa , para delegasi ini menetap di kuil Horenji di atas bukit ketika sedang mengunjungi Jepang.

pininterest

Selain itu Ushimado juga mempunyai perkebunan zaitun sebesar 10 hektar dan sekitar 2000 pohon zaitun berkembang disana. Dan hebatnya lagi kebun zaitun ini adalah satu dari 2 kebun zaitun yang dikembangkan di Jepang, kebun zaitun ini dikembangkan oleh keluarga Hattori di tahun 1940.

Walaupun pohon zaitun mekar di bulan Mei, kita juga bisa melihat pohon lainya di kebun ini, dan juga kalau kita mengunjunginya pada akhir September, kita bisa ikut berpartisipasi dalam pengambilan buah zaitun yang terjadi sekali dalam setahun, menarik bukan!

Kebun ini juga popular bagi pasangan yang sedang mengunjungi kebun tersebut, karena ada lonceng “cinta” yang ada di atas bukit kebun tersebut, dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pasangan yang membunyikan lonceng tersebut.

setouchifinder.com
matcha-jp

Selain kebun zaitun, ushimado mempunyai kuil yang sudah berdiri lama, yaitu kuil Ushimado. Kuil ini sudah dibangun sejak ribuan tahun lamanya, lebih tepatnya pada akhir jaman Heian yang dimulai tahun 794 sampai 1185, saat kita menyusuri kuil ini kita disuguhi angin yang sejuk dan juga suara ombak yang menerpa bukit, sehingga kita merasa nyaman saat berjalan di kuil tersebut.

matcha-jp

Selain itu selain tempat Ushimado mempunyai cita rasa yang tidak kalah hebatnya dengan makanan di kota Jepang lainnya, yaitu Kamaboko, kamaboko yang ada di Ushimado diproduksi oleh Nakamitsu Fishcake Shop yang berada di dekat laut di Ushimado.

Kamaboko sendiri terbuat dari ikan yang ditumbuk, lalu diberi bumbu yang berbeda-beda  dan digoreng, dibakar , dan dipanggang dengan berbagai bentuk, namun anda harus berhati-hati karena kamaboko disini selalu habis di pagi hari, dan juga toko Nakamisu sendiri tidak buka pada hari rabu.

Selain Ushimado, tempat wisata yang banyak dikunjungi orang banyak adalah museum pedang Bizen Osafune. Berlokasi di dekat perbatasan kota Bizen , Osafune sendiri adalah seorang pandai besi yang terkenal akan memproduksi katana pada abad ke 12 dibawah nama Bizen Osafune yang dulu masih terletak di kota Osafune.

visitwestjapan

Museum Bizen Osafune adalah salah satu dari museum pedang yang masih beroperasi di Jepang, pengunjung dapat mempelajari sejarah dan cara pembuatan katana secara langsung. Museum ini menyuguhi ekshibisi special setiap tahunnya dengan memadukan animasi dan video games dengan sejarah pembuatan katana, sehingga destinasi ini cocok untuk para penggemar katana di seluruh dunia.

okayama-japan.jp

Selain itu  setiap tahun museum ini mengadakan event spesial, yaitu pengunjung dapat menyaksikan langsung bagaimana para pandai besi handal mengelola dan memproses tamahagane( besi spesial yang terbuat dari pasir perunggu) dipanaskan sekitar 1300 derajat celcius, lalu ditempa sehingga terbuatlah katana.

Jadi, tempat manakah yang ingn anda kunjungi jika anda sedang berada di Setouchi, apakah museum pedang Bizen Osafune , atau Ushimado yang terkenal dekat dengan laut dalam Jepang?

source : city.setouchi.lg.jp, okayama-japan.jp, matcha-jp.com


Published at :
Written By
Peter Handaya
Student | Sastra Jepang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close