People Innovation Excellence

2 Kanji Cinta Dalam Bahasa Jepang

Sebentar lagi tidak terasa sudah akhir tahun 2018, ya. Di antara kalian mungkin akan menghabiskan waktu dengan keluarga, teman, atau mungkin pasangan. Nah, ngomong-ngomong pasangan, tentunya kita tidak akan lepas dari kata 1 ini, kata “cinta”.

Jika kalian mencari kata cinta di kamus Indonesia-Jepang, akan muncul lebih dari 1 kata, yaitu 「恋」koi dan「愛」ai. Tahukah kalian apa bedanya kedua kata tadi? Yuk, simak ulasan singkat mengenai 「恋」koi dan「愛」ai di artikel kali ini.

Secara arti kata 「恋」koi dan 「愛」ai memiliki  arti yang sama, yaitu cinta. Namun, secara definisi 「恋」koi merupakan kata yang digunakan untuk menyatakan cinta terhadap orang yang benar-benar spesial dan sangat mendalam bagi kalian. Tidak seperti rasa cinta kepada orang tua atau keluarga, kata 「恋」koi lebih diperuntukkan bagi belahan jiwa/pasangan. Oleh karena itu, kata 「恋」koi sering ditemukan pada kata-kata yang seperti: jatuh hati pada pandangan pertama 「初恋」hatsukoi, surat cinta「恋文」koibumi. Tidak hanya untuk kata-kata cinta yang bernuansa positif, kata 「恋」koi sendiri juga digunakan untuk hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti putus cinta 「失恋」shitsuren, atau cinta yang berakhir pahit 「悲恋」hiren. Hm, benar juga, ya. Semua arti kata cinta tadi memang diuntukkan untuk pasangan…

Kita lihat kata berikutnya, cinta yang penggunaannya bisa digunakan lebih umum yaitu 「愛」ai. Kata ini mengandung makna sayang atau kita kasihi. Kata ini bisa diperuntukkan untuk orang, yang berarti orang yang kita kasihi/sayangi 「愛人」aijin, maupun ke hewan peliharaan, contohnya anjing kesayangan 「愛犬」aiken, negara yang kita cintai 「愛国」aikoku, bacaan kesayangan 「愛読」aidoku, mobil kesayangan「愛車」aisha, dan masih ada beberapa contoh lainnya. Mulai kelihatan beda antara 「愛」ai dan「恋」koi?

Menariknya, kedua kata tadi bisa digabungkan menjadi 「恋愛」ren’ai, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi asmara. Kata 「恋愛」ren’ai sendiri dibaca reng ai, bukan renai.

Uhm, naruhodo! Semoga kalian menjadi semakin tertarik mencari perbedaan kata lainnya, ya! Selamat menutup akhir tahun ini dengan orang yang kalian kasihi!

Referensi artikel: https://blog.gaijinpot.com/japanese-two-knji-love/

Referensi featured image: https://lovegraph.me/articles/5842

 


Published at :
Written By
Hendy Reginald Cuaca Dharma
Subject Content Coordinator | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close