People Innovation Excellence

Nemawashi!

Pernah mendengar mengenai Nemawashi?

Minasan, kita bertemu lagi dalam seri pembelajaran mengenai gaya management perusahaan Jepang. Pernahkah anda merasakan bahwa negosiasi bisnis Jepang sedikit berbeda dengan negosiasi bisnis ala barat? Ya, Jepang menjalankan negosiasi bisnis yang dinamakan dengan Nemawashi. Nemawashi jika ditulis dengan karakter bahasa Jepang  maka bertuliskan 根回し. Terdiri dari 2 karakter yaitu   yang berarti akar dan 回すyang berarti memutar. Sehingga filosofi dari nemawashi ini adalah jika ingin menanam sebuah anak pohon, maka memutar berkali kali ke kanan dan ke kiri akan membuat akarnya menjadi kuat tertancap ke bawah. Filosofi inilah yang diterjemahkan oleh orang Jepang dengan melakukan negosiasi dalam situasi yang informal kepada pihak terkait atas kebijakan atau keputusan yang akan diambil. Nemawashi merupakan tahap yang dilalui sebelum dilakukan pengambilan keputusan yang biasa disebut ringi seido. Kadang jangan heran kalau kalian merasa bahwa orang Jepang sangat lambat dan lama mengambil keputusan. Ini dikarenakan mereka memikirkan hasil dan hubungan jangka panjang, yang dimana salah satu tahapan yang dilewati adalah nemawashi.


Published at :
Written By
Elisa Carolina Marion
Dean of Humanities | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close