People Innovation Excellence

Study Abroad Experience : Agnes Oktaviani

Nama saya Agnes Oktaviani dari BINUSIAN 2019 dan saat ini sedang melaksanakan program 3+1 Study Abroad di Wakayama Gaikokugo Senmon Gakkou selama 1 tahun. Saya ingin menceritakan sedikit pengalaman yang telah didapatkan selama kurang lebih 7 bulan tinggal di Jepang khususnya Wakayama. Dari pilihan enrichment program 3+1 yang ada, salah satunya yang menurut saya cukup diminati oleh anak-anak Sastra Jepang angkatan saya adalah study abroad. Tujuan diadakannya program ini secara singkat bisa disimpulkan dengan belajar bahasa Jepang secara langsung oleh native dan berinteraksi dengan masyarakat Jepang juga memahami budaya serta peraturan tata tertib masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Di sekolah Wakayama Gaikokugo Senmon Gakkou, setiap hari kami mempelajari bahasa Jepang secara menyeluruh (kanji, kosakata, partikel, berbicara, mendengarkan, menulis, membaca), pelajaran dimulai dari pagi hingga siang. Seusai sekolah, ada anak-anak yang langsung melanjutkannya dengan part­-time job dari siang atau sore hingga malam. Tujuan dengan diberikannya kesempatan untuk part-time job adalah supaya dapat lebih luas lagi berinteraksi dengan masyarakat dan tentunya menambah pengalaman bekerja di Jepang. Selain itu dari hasil yang telah didapatkan tentunya dapat membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari, bisa lebih mandiri dan dewasa dalam mengatur uang, dan membantu meringankan beban orangtua.

Selama tinggal di sini khususnya Wakayama, tentu saja ada banyak senang dan susah yang telah dialami. Terlebih lagi ketika awal tiba di Jepang, dengan masih kurangnya skill bahasa dan perasaan campur aduk untuk memulai kehidupan di tempat baru, hal tersebut sudah menjadi kenangan yang tidak terlupakan oleh saya. Pengalaman kurang menyenangkan ada banyak terjadi seperti di dalam kehidupan sekolah, melakukan kesalahan ketika bekerja, tersesat saat jalan-jalan, dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan bantuan dari teman baik, sensei di sekolah, rekan kerja, dan masyarakat Jepang yang sering baik membantu, secara bertahap saya dapat beradaptasi dan banyak belajar dari pengalaman-pengalaman tersebut. Tentu saja kenangan-kenangan yang menyenangkan juga lebih banyak dirasakan selama menikmati keseharian di sini.

 

 

 

 

Foto ini diambil saat kegiatan Sports Taikai pada bulan Mei lalu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close