People Innovation Excellence

Bagaimana Menikmati Jepang dari Pandangan Akita Inu? Yuk kita lihat!

Google Street View merupakan salah satu cara terbaik untuk membayangkan dan membawa langsung diri kita ke dalam peta sehingga kita bisa dapat mengenal tempat-tempat baru.

Street view biasanya hanya menyediakan satu sudut pandang yaitu dari sudut pandang manusia. Tetapi tidak begitu dengan Google Jepang.

Masyarakat Jepang mempunyai cara yang kreatif untuk mempromosikan lokasi wisata yang keren-kerenya.

Cara yang lumayan banyak dilakukan adalah dengan menggunakan anime, tapi selain itu ternyata Jepang juga membuat Googlenya dimana kita dapat merasakan sensasi berada di suatu tempat dari “mata” guguk-guguk, teman baik para pria. Guguk-guguk ini adalah jenis Akita.

Sistem ini bermula di kota Odate yang ada di prefektur Akita.

Seperti yang diterangkan dari blog Google Jepang dan diperlihatkan pada video diatas, kamera dipasang sekitar bagian punggung 3 guguk Akita yang bernama Asuka, Ako, dan Puko, dengan itu para staff Googlenya mampu menyelesaikan peta Kota Odate dengan pemandangan 360 ° dari sudut pandang guguk-guguk Akita ini.

Teman-teman bisa melihat telinga dan buntut guguk Akita yang bergoyang menggemaskan.

Projek ini diberi nama Dog View, yang berasal dari teknologi Street View dalam Google Map.

Google Jepanglah yang memang mempunyai ide untuk mempromosikan wisata di Kota Odate. Karena tentang turisme,  Dog View ini memperlihatkan berbagai lokasi yang dijelajahi guguk-guguk tersebut.

Berdasarkan Google, shooting untuk rekamannya cukup menyenangkan, Akitanya juga terlihat senang berlari-lari diatas salju.

Jika kamu ingin berjalan-jalan bersama Asuka, dia akan membawamu berkeliling melewati tempat-tempat bagus yang menjadi atraksi dalam kota termasuk patung Hachiko, Akita inu yang paling terkenal di Kota Odate yang sangat setia kepada pemiliknya, Dr. Ueno, yang menginspirasi banyak buku dan film. Teman-teman mungkin sudah pernah mendengar atau menonton film tentang Hachiko sebelumnya.

Ada lokasi yang berada di alam terbuka seperti Kuil Roken.

Nama “RoKen” sendiri  memiliki arti “Anjing Tua”.

Tak hanya alam terbuka saja yang diperlihatkan, guguk-guguk Akita juga melewati daerah-daerah bersalju yang terlihat cukup sulit untuk dijelajahi.

Keunggulan Google Street View Jepang ini antara lain Akita dapat membawamu ke daerah-daerah yang ada di pelosok atau tempat sempit yang biasanya tidak dapat ditunjukkan oleh kendaraan.

Selain itu ada lokasi-lokasi unik lain, seperti onsen terbuka untuk kakimu yaitu 鶴癒の足湯, ashiyu atau footbath.

Footbath ini terletak di dalam Yakushi Jinja(薬師神社) atau kuil Yakushi yang dekat dengan stasiun Otakionsen-eki.

Konon ceritanya, di Otaki Onsen ada seekor burung yang merendam kakinya yang sakit di onsen ini kemudian terbang menjauh, maka itu dinamakan 鶴癒の足湯.

Kanji 癒  sendiri mempunyai makna menyembuhkan.

Otaki Onsen ini bagus untuk teman-teman berelaksasi merendamkan kaki, kegiatan menghangatkan diri yang sangat cocok dilakukan di daerah bersalju seperti Odate.

Ada yang bilang kaki adalah jantung kedua ya kan. Dengan merelaksasikan diri, pikiran kita pun juga akan tenang.

Mereka juga memperlihatkan lokasi bernama Akita Inu Museum yang didirikan oleh Yayasan Perawatan Akita.

Seperti yang dapat dilihat, lumayan banyak lokasi-lokasi di kota Odate yang memiliki hubungan erat dengan Akita inu.

Mengapa bisa begitu?

Itu karena kota Odate memang sangat terkenal dengan jenis guguk Akitanya. Karena sesuai namanya,  jenis Akita inu dipercaya berasal dari kota di prefektur Akita ini.

Google berniat untuk tetap membuat film lokasi-lokasi di musim yang berbeda-beda dan menangkap lokasi baru yang populer dengan masyarakat lokal.


Published at : Updated
Written By
Jessyca Riestia
Student | Japanese Literature
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close